PENGARUH BAGI HASIL, BRAND IMAGE, DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Santri Pondok Pesantren Durrotu Ahlisunnah Waljama’ah Banaran Kota Semarang)


Isnaeni Pamilih , 7101415335 (2019) PENGARUH BAGI HASIL, BRAND IMAGE, DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Santri Pondok Pesantren Durrotu Ahlisunnah Waljama’ah Banaran Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH BAGI HASIL, BRAND IMAGE, DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Santri Pondok Pesantren Durrotu Ahlisunnah Waljama’ah Banaran Kota Semarang)]
Preview
PDF (PENGARUH BAGI HASIL, BRAND IMAGE, DAN KERAGAMAN PRODUK TERHADAP MINAT MENABUNG DI BANK SYARIAH DENGAN PROMOSI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Santri Pondok Pesantren Durrotu Ahlisunnah Waljama’ah Banaran Kota Semarang)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Minat menabung di bank syariah adalah keinginan dengan perasaan senang dari diri santri untuk menggunakan produk/jasa bank dengan melakukan penyimpanan atas uang di bank syariah dengan tujuan tertentu. Minat menabung santri di bank syariah masih rendah. Dengan kondisi santri yang mayoritas paham terkait pendidikan keislaman termasuk ilmu-ilmu fiqih muamalah, ternyata baru sedikit santri yang menggunakan bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara bagi hasil, brand image, dan keragaman produk terhadap minat menabung di bank syariah dengan promosi sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah santri Pondok Pesantren Durrotu Ahlisunnah Waljama’ah Banaran Kota Semarang yang berjumlah sebanyak 400 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dengan pemilihan sampel yang dilakukan dengan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh sampel berjumlah 200 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi moderasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Keragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah. Promosi mampu memoderasi akan tetapi memperlemah hubungan antara bagi hasil terhadap minat menabung di bank syariah. Promosi mampu memoderasi akan tetapi memperlemah hubungan antara brand image terhadap minat menabung di bank syariah. Promosi mampu memoderasi akan tetapi memperlemah hubungan antara keragaman produk terhadap minat menabung di bank syariah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bagi hasil, brand image, dan keragaman produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di bank syariah serta promosi memperlemah hubungan antara bagi hasil, brand image, dan keragaman produk terhadap minat menabung di bank syariah. Saran dari penelitian ini adalah perlu ditingkatkan minat menabung santri dengan cara santri mengurangi pengeluaran yang tidak penting dan tidak mendesak sehingga santri dapat menyisihkan sebagian uangnya untuk ditabung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat Menabung, Bagi Hasil, Brand Image, Keragaman Produk, Promosi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jun 2020 14:07
Last Modified: 03 Jun 2020 14:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36523

Actions (login required)

View Item View Item