Penerapan Variasi Metode Mengajar Dalam Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Drumband di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali


SRI WIYATI, 2501401015 (2005) Penerapan Variasi Metode Mengajar Dalam Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Drumband di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Variasi Metode Mengajar Dalam Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Drumband di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali]
Preview
PDF (Penerapan Variasi Metode Mengajar Dalam Proses Pembelajaran Ekstrakurikuler Musik Drumband di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali) - Published Version
Download (68kB) | Preview

Abstract

SMP Negeri 1 Sambi Boyolali adalah lembaga pendidikan menengah yang melaksanakan kegiatan akademis intrakurikuler dan non akademis ekstrakurikuler. Ekstrakurikuler musik drumband adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk menyalurkan bakat dan minat siswa dan diharapkan dapat memberi kontribusi positif terhadap peningkatan prestasi akademis. Berkaitan dengan hal tersebut, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan variasi metode mengajar dalam proses pembelajaran ekstrakurikuler musik drumband di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang juga disebut Classroom-Based Action Research. Dalam pembahasan penelitian metode yang digunakan adalah kualitatif, yaitu dengan pencarian data deskriptif yang berupa catatan tertulis, rekaman tape recorder dan juga gambar atau foto. Narasumber dari data tersebut yaitu para pelatih drumband dan pendidik seni SMP Negeri 1 Sambi Boyolali, siswa SMP Negeri 1 Sambi Boyolali dan juga Kepala SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan variasi metode mengajar mampu meningkatkan efektivitas proses pembelajaran ekstrakurikuler musik drumband di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali. Hal tersebut terbukti bahwa : 1. Dengan tiga kali putaran/siklus, siswa dapat menguasai dan memainkan lagu “Suwe Ora Jamu” dengan menggunakan alat musik melodis yaitu painika dan balera, dan juga dengan menggunakan alat musik ritmik yaitu snar drum, tenor drum dan bass drum. 2. Pada saat proses pelaksanaan latihan yaitu selama penelitian berlangsung siswa tampak bersemangat dan menikmati latihan, minat dan semangat siswa tersebut karena termotivasi oleh: a. Ingin maju b. Menambah wawasan, pengalaman dan juga ilmu c. Mengembangkan ketrampilan d. Memperoleh nilai musik yang lebih baik e. Ingin dapat membaca notasi musik drumband. Selanjutnya penulis memberi saran kepada Kepala SMP Negeri 1 Sambi Boyolali agar memberikan dukungan yang lebih kepada siswa, baik spiritual maupun material agar prestasi dan semangat siswa menjadi lebih maju. Selain itu kepala sekolah hendaknya memperhatikan peralatan musik yang sudah rusak untuk segera diperbaiki agar kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler musik drumband dapat berjalan dengan lancar. Pelatih juga menyarankan kepada guru pelatih drumband di SMP Negeri 1 Sambi Boyolali agar sebaiknya diadakan latihan yang lebih efektif, dengan komunikasi yang baik serta mengajar dengan menerapkan variasi metode mengajar akan menjadikan siswa mudah untuk mencerna materi yang disampaikan guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2011 04:31
Last Modified: 23 Aug 2011 04:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3652

Actions (login required)

View Item View Item