PENGARUH SERVICE QUALITY DAN TRUST TERHADAP SATISFACTION SERTA DAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN DALAM BERBELANJA ONLINE MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Putri Rahmadhani , 7101415327 (2019) PENGARUH SERVICE QUALITY DAN TRUST TERHADAP SATISFACTION SERTA DAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN DALAM BERBELANJA ONLINE MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH SERVICE QUALITY DAN TRUST TERHADAP SATISFACTION SERTA DAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN DALAM BERBELANJA ONLINE MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH SERVICE QUALITY DAN TRUST TERHADAP SATISFACTION SERTA DAMPAK PADA LOYALITAS PELANGGAN DALAM BERBELANJA ONLINE MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Loyalitas Pelanggan merupakan suatu sikap komitmen terhadap suatu produk dengan cara pembelian ulang/terus-menerus terhadap perusahaan yang sama dan merekomendasikan kepada orang lain. Berdasarkan hasil observasi awal loyalitas mahasiswa terhadap berbelanja online sangat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Service Quality dan Trust terhadap Satisfaction serta dampak pada Loyalitas Pelanggan dalam Berbelanja Online Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang yang berbelanja online dan sampel sebanyak 107 mahasiswa setelah diolah dengan rumus iterasi dengan standar error 5%. Metode penelitian data menggunakan google form. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa service quality, trust, dan satisfaction berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan mahasiswa universitas negeri semarang. Secara parsial service quality berpengaruh terhadap satisfaction sebesar 68%. Trust berpengaruh terhadap saisfaction sebesar 42%. Service quality berpengaruh terhadap loyalitas sebesar 48%. Trust berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan sebesar 39%. Satisfaction berpengaruh terhadap loyalitas sebesar 49%. Service quality dan trust berpengaruh terhadap satisfaction sebesar 70,4%. Service quality, trust dan satisfaction berpengaruh terhadap loyalitas sebesar 56,4%. Bersadarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa service quality, trust, satisfaction secara parsial maupun simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Saran yang diberikan, mahasiswa perlu meningkatkan rasa kepercayaan terhadap e-commerce lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: service quality, trust, satisfaction, loyalitas pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Jun 2020 13:59
Last Modified: 03 Jun 2020 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36519

Actions (login required)

View Item View Item