PENGARUH PEMANFAATAN TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI PEMBELAJARAN LUAR RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA
Indah Permata, 4401405568 (2009) PENGARUH PEMANFAATAN TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI PEMBELAJARAN LUAR RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PEMANFAATAN TAMAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA MATERI EKOSISTEM MELALUI PEMBELAJARAN LUAR RUANG TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA)
- Published Version
Download (787kB) | Preview |
Abstract
Taman sekolah di SMA Negeri 1 Ambarawa belum dimanfaatkan sebagai sumber belajar, pembelajaran masih dilaksanakan di ruang kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar pada materi ekosistem melalui pembelajaran luar ruang berpengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ambarawa. Desain penelitian ini adalah Control Group pretest-posttest dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Ambarawa, kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelas pembanding, yang terdiri atas 40 siswa, pengambilannya dengan teknik Random Sampling. Data pada penelitian ini meliputi hasil belajar siswa diukur dengan pre test dan post test, aktivitas siswa, keterampilan siswa dan kinerja guru diukur dengan lembar observasi, tanggapan siswa serta tanggapan guru terhadap pembelajaran diukur dengan angket. Dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan taman sekolah sebagai sumber belajar pada materi ekosistem melalui pembelajaran luar ruang berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Ambarawa. Ketuntasan hasil belajar siswa kelas eksperimen > kelas pembanding (100% > 95%). Jumlah siswa aktivitasnya minimal aktif kelas eksperimen > siswa kelas pembanding (80% > 48,75%). Jumlah siswa kelas eksperimen sangat terampil dan terampil dalam pembelajaran mencapai 90%. Kinerja guru kelas eksperimen dalam pembelajaran sangat baik. Jumlah siswa memberi tanggapan sangat baik dan baik terhadap pembelajaran sebesar 80%. Guru memberi tanggapan baik terhadap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Taman sekolah, pembelajaran luar ruang, ekosistem |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 23 Aug 2011 04:29 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:16 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3651 |
Actions (login required)
View Item |