IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN VIDEO CHEMSONG TERHADAP PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR KLASIKAL DAN KREATIVITAS SISWA


INDANG RETNO FOURNIYATI, 0404517012 (2020) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK BERBANTUAN VIDEO CHEMSONG TERHADAP PENINGKATAN KETUNTASAN BELAJAR KLASIKAL DAN KREATIVITAS SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of UPLOAD_INDANG_RETNO_FOURNIYATI.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Fourniyati, Indang Retno. 2020. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Video Chemsong Terhadap Peningkatan Ketuntasan Belajar Klasikal dan Kreativitas Siswa. Tesis. Program Studi Pendidikan Kimia Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Murbangun Nuswowati, M.Si, Pembimbing II: Prof. Dr. Edy Cahyono, M.Si Kata Kunci: Ketuntasan Belajar; Kreativitas; Proyek; Video Chemsong Keterbatasan pemahaman Kimia dalam kurikulum SMK/MAK, menjadikan kimia menjadi mata pelajaran yang kurang diminati di sekolah kejuruan, yang ditunjukkan dengan rendahnya hasil ketuntasaan belajar. Model pembelajaran berbasis proyek berbantuan video chemsong merupakan salah satu model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan aktivitas dan keaktifan siswa sehingga mampu meningkatkan ketuntasan belajar dan kreativitas siswa. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan video chemsong terhadap peningkatan ketuntasan belajar dan kreativitas siswa; (2) untuk mengetahui hubungan antara ketuntasan belajar klasikal siswa dan kreativitas siswa; (3) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan pengaruh model pembelajaran berbasis proyek berbantuan video chemsong. Metode penelitan menggunakan desain pretest-postest control group design dengan analisis data uji statistik parametrik N-gain, uji independet sampel t test serta uji paired sampel t test. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan teknik cluster random sampling dari kelas X SMK N 8 yang berjumlah 108 siswa. Uji normalitas gain menunjukkan bahwa rata-rata hasil pretest-postest ketuntasan belajar klasikal kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 0,53 dengan kriteria sedang dan kelas kontrol sebesar 0,31 dengan kriteria sedang. Hasil uji independent sampel t test menunjukkan thitung 4,56 > tkritis 1,98 dengan taraf signifikansi 5% sehingga terdapat perbedaan yang siginifikan pada ketuntasan belajar klasikal siswa. Pada uji paired sampel t test nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan pada hasil uji t kreativitas siswa diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kimia berbasis proyek berbantuan video chemsong berpengaruh dalam meningkatkan ketuntasan belajar dan kreativitas siswa. Selanjutnya pada uji korelasi menunjukkan bahwa nilai pearson correlation sebesar 0,872 yang berarti bahwa tingkat hubungan ketuntasan belajar dan kreativitas siswa dalam kategori kuat. Respon siswa dalam penelitian ini mendapatkan respon positif yaitu dengan perolehan skor rerata 75,46% dengan kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Ketuntasan Belajar; Kreativitas; Proyek; Video Chemsong
Subjects: L Education > Special Education > Chemistry Education
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: A.Md Angga Rizky Purwandra
Date Deposited: 02 Jun 2020 18:17
Last Modified: 02 Jun 2020 18:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36508

Actions (login required)

View Item View Item