KAJIAN PENAMBAHAN SORBITOL DAN KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM DARI PATI BIJI NANGKA (ARTOCARPUS HETROPHYLLUS)


Rizqi Fitrianto , 5213414011 (2019) KAJIAN PENAMBAHAN SORBITOL DAN KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM DARI PATI BIJI NANGKA (ARTOCARPUS HETROPHYLLUS). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KAJIAN PENAMBAHAN SORBITOL DAN KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM DARI PATI BIJI NANGKA (ARTOCARPUS HETROPHYLLUS)]
Preview
PDF (KAJIAN PENAMBAHAN SORBITOL DAN KARAGENAN TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM DARI PATI BIJI NANGKA (ARTOCARPUS HETROPHYLLUS)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan plastik untuk kemasan makanan ataupun yang lainnya sudah meluas, karena plastik memiliki sifat yang kuat, ringan, dan praktis. Akan tetapi penggunaan plastik berpotensi mengganggu kondisi kesehatan karena dapat menimbulkan keracunan, selain itu juga dapat menimbulkan masalah lingkungan karena plastik tidak diuraikan secara alami. Alternatif untuk menggantikan plastik sebagai pengemas makanan yang ramah lingkungan dan aman bagi kesehatan adalah edible film. Edible fim dapat dibuat dari berbagai bahan, misalnya seyawa-senyawa tanaman seperti pati, selulosa dan lignin serta bahan-bahan dari hewani seperti protein, kasein dan lipid. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dilakukan inovasi untuk menghasilkan edible film dari bahan berbasis pati yang mudah didapatkan. Dalam penelitian ini, dilakukan sintesis edible film pati biji nangka dengan penambahan sorbitol dan karagenan. Penambahan karagenan dilakukan.dengan variasi konsentrasi (0%, 20%, 40%, 60% b/b total). Selanjutnya edible film dikarakterisasi untuk mengetahui pengaruh konsentrasi campuran karagenan terhadap sifat mekanik edible film (tensile strength, elongation, modulus young), serta aplikasi edible film pada buah pisang untuk mengetahui masa simpan buah. Edible film dengan penambahan plasticizier sorbitol dan karagenan menghasilkan variasi karagenan dapat berpengaruh secara nyata pada nilai kuat tarik (tensile strength), perpanjangan (elongasi) dan elastisitas (modulus young). Semakin banyak variasi karagenan yang ditambahkan maka nilai kuat tarik semakin meningkat, sedangkan nilai perpanjangan semakin menurun dan nilai elastisitas berbanding lurus dengan nilai kuat tarik. Edible film dapat menambah masa simpan buah pisang lebih lama dibandingkan dengan buah tanpa dilapisi edible film.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Plastik, Edible film, Pati, Sorbitol, Karagenan.
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Kimia, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Jun 2020 13:29
Last Modified: 02 Jun 2020 13:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36498

Actions (login required)

View Item View Item