PENGARUH SIKAP KEUANGAN, TEMAN SEBAYA, DAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XI SMA Pondok Modern Selamat Kendal)


Ardian Bagus Wicaksono , 7101415286 (2019) PENGARUH SIKAP KEUANGAN, TEMAN SEBAYA, DAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XI SMA Pondok Modern Selamat Kendal). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH SIKAP KEUANGAN, TEMAN SEBAYA, DAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XI SMA Pondok Modern Selamat Kendal)]
Preview
PDF (PENGARUH SIKAP KEUANGAN, TEMAN SEBAYA, DAN KECERDASAN SPIRITUAL MELALUI KONTROL DIRI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN (Studi Empiris Pada Siswa Kelas XI SMA Pondok Modern Selamat Kendal)) - Published Version
Download (637kB) | Preview

Abstract

Perilaku pengelolaan keuangan adalah kemampuan seorang individu dalam mengatur (perencanaan, penganggaran, pemerikasaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan) dana keuangan sehari – hari. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui pengaruh sikap keuangan, teman sebaya, dan kecerdasan spiritual melalui kontrol diri terhdap perilaku pengelolaan keuangan siswa kelas XI SMA Pondok Modern Selamat Kendal. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Pondok Modern Selamat Kendal sebanyak 109 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner untuk mengumpulkan data. Metode analisis data dilakukan dengan deskriptif statistik, regresi berganda, dan analisis jalur. Hasil penelitian menyatakan (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap keuangan, teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku pengelolaan keuangan; (2) Terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan kecerdasan spiritual terhadap perilaku pengelolaan keuangan; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap keuangan, teman sebaya, kecerdasan spiritual terhadap kontrol diri; (4) Terdapat pengaruh positif namun tidak signifikan sikap keuangan, eman sebaya dan kecerdasan spiritual melalui kontrol diri terhadap perilaku pengelolaan keuangan Simpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh signifikan sikap keuangan, teman sebaya dan kontrol diri terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Sedangkan kecerdasan spiritual terdapat pengaruh tidak signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Terdapat signifikan sikap keuangan, teman sebaya, dan kecerdasan spiritual terhadap kontrol diri. Terdapat pengaruh tidak signifikan sikap keuangan, teman sebaya dan kecerdasan spiritual melalui kontrol diri terhadap perilaku pengelolaan keuangan. Saran yang diberikan yaitu siswa meningkatkan pemahaman tentang sikap keuangan, memberikan pengaruh positif antar teman sebaya, dan dapat memanfaatkan kecerdasan spiritual yang dimiliki serta mengontrol dirinya untuk mengelola keuangan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sikap Keuangan, Teman Sebaya, Kecerdasan Spiritual, Kontrol Diri, Perilaku Pengelolaan Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 May 2020 15:27
Last Modified: 31 May 2020 15:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36486

Actions (login required)

View Item View Item