EFEK EFIKASI DIRI PADA PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN, DAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Siti Bekti Ambarriyah , 7101415276 (2019) EFEK EFIKASI DIRI PADA PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN, DAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEK EFIKASI DIRI PADA PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN, DAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG]
Preview
PDF (EFEK EFIKASI DIRI PADA PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN, LINGKUNGAN, DAN KECERDASAN ADVERSITAS TERHADAP INTENSI BERWIRAUSAHA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG) - Published Version
Download (950kB) | Preview

Abstract

Intensi berwirausaha merupakan niat atau kesugguhan tekad seseorang untuk menjadi seorang wirausaha. Niat atau intensi berwirausaha merupakan salah satu prediktor dari perilaku berwirausaha. Berdasarkan data yang diperoleh dari HIPMI PT UNNES menunjukkan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi yang berwirausaha tahun 2015-2018 masih belum optimal, sehingga perlu ditingkatkan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat pengaruh antara pendidikan kewirausahaan, lingkungan, dan kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausaha dengan efikasi diri sebagai variabel moderasi. Jenis dan design penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rumusan masalah asosiatif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 323 Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus Slovin diperoleh 179 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis uji selisih mutlak. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa niat berwirausaha dalam kategori tinggi, pendidikan kewirausahaan dalam kategori baik, lingkungan dalam kategori baik, kecerdasan adversitas dalam kategori tinggi dan efikasi diri dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Lingkungan berpengaruh signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Namun kecerdasan adversitas tidak berpengaruh secara signifikan terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Sedangkan Efikasi diri tidak terbukti memoderasi pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan, dan kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pendidikan kewirausahaan dan lingkungan berpengaruh terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Namun kecerdasan adversitas tidak berpengaruh terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Efikasi diri tidak terbukti memoderasi pengaruh pendidikan kewirausahaan, lingkungan, dan kecerdasan adversitas terhadap intensi berwirausaha mahasiswa. Saran penelitian ini yaitu untuk meningkatkan intensi berwirausaha mahasiswa dibutuhkan pendidikan kewirausahaan dan lingkungan (lingkungan keluarga, sekolah/kampus dan keadaan alam sekitar) yang baik dalam mendukung mahasiswa berwirausaha.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intensi Berwirausaha, Efikasi Diri, Pendidikan Kewirausahaan, Lingkungan, Kecerdasan Adversitas.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 May 2020 15:24
Last Modified: 31 May 2020 15:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36485

Actions (login required)

View Item View Item