PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOLEKSI, TATA RUANG PERPUSTAKAAN, DAN SKILL KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH


Ika Setyowati , 7101415241 (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOLEKSI, TATA RUANG PERPUSTAKAAN, DAN SKILL KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOLEKSI, TATA RUANG PERPUSTAKAAN, DAN SKILL KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH]
Preview
PDF (PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOLEKSI, TATA RUANG PERPUSTAKAAN, DAN SKILL KOMUNIKASI INTERPERSONAL PUSTAKAWAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI PERPUSTAKAAN PROVINSI JAWA TENGAH) - Published Version
Download (688kB) | Preview

Abstract

Komunikasi Interpersonal, dan Kepuasan Pengunjung Kepuasan pengunjung merupakan hal penting sebagai wujud dari keberhasilan pelayanan perpustakaan dan merupakan tujuan dari adanya pelayanan perpustakaan. Berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan kepada pengunjung perpustakaan ditemukan permasalahan bahwa pengunjung belum puas terhadap pelayanan yang ada di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, koleksi, tata ruang perpustakaan, dan skill komunikasi interpersonal terhadap kepuasan pengunjung di Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengunjung perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, tehnik pengambilan sampel menggunakan incidental sampling, jumlah sampel sebanyak 116 orang/responden yang dihitung menggunakan rumus Iterasi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian data diperoleh persamaaan regresi berganda yang selanjutnya disingkat dengan KPg = 37,224 + 1,065 (KP) – 0,046 (KL) + 0,565 (TR) + 0,789 (SK) + e. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel kualitas pelayanan, koleksi, tata ruang perpustakaan, dan skill komunikasi interpersonal berpengaruh positif terhadap kepuasan pengunjung. Variabel koleksi secara parsial berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan pengunjung. Simpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kepuasan pengunjung dapat dicapai dengan meningkatkan kualitas pelayanan, koleksi, tata ruang dan skill komunikasi interpersonal pada Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah. Saran dari penelitian ini adalah (1) Hendaknya setiap pustakawan perlu mengucapkan rasa terimakasih kepada pengunjung setelah melakukan pelayanan. (2) Perlu adanya promosi situs perpustakaan kepada pengunjung melalui brosur, poster maupun pamflet. (3) Perlu adanya perbaikan tata ruang supaya lebih luas sehingga pengunjung merasa nyaman ketika membaca diruangan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Koleksi, Tata Ruang Perpustakaan, Skill Komunikasi Interpersonal, dan Kepuasan Pengunjung
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 May 2020 15:08
Last Modified: 31 May 2020 15:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36478

Actions (login required)

View Item View Item