ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BANTARSARI


Muni Lestari , 7101415237 (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BANTARSARI. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BANTARSARI]
Preview
PDF (ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 BANTARSARI) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan Permendikbud No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi menyebutkan bahwa “Satuan pendidikan pada semua jenis dan jenjang pendidikan menyelenggarakan program pendidikan dengan menggunakan sistem paket atau Sistem Kredit Semester.” SMA Negeri 1 Bantarsari merupakan salah satu satuan pendididikan penyelenggara SKS yang juga terintegrasi dengan kurikulum 2013. SKS di SMA Negeri 1 Bantarsari baru diterapkan selama dua tahun pembelajaran terakhir yakni tahun 2017/2018 dan 2018/2019 pada peserta didik kelas X dan XI. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi SKS di SMA Negeri 1 Bantarsari khususnya pada mata pelajaran ekonomi dengan menggunakan model evaluasi Context, Input, Process, Product (CIPP). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah SMA Negeri 1 Bantarsari dan teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, serta dokumentasi. Informan pada penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru ekonomi, dan peserta didik kelas X serta XI jurusan IPS. Pengujian terhadap keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyelenggaraan program SKS di SMA Negeri 1 Bantarsari pada aspek context sudah sesuai dengan kebutuhan sekolah dan kebijakan yang ditentukan pemerintah; aspek input sudah berjalan dengan baik, meskipun masih ada beberapa kendala dalam hal sarana prasarana, pemahaman guru terhadap program, dan kualitas input peserta didik; aspek process sudah berjalan sesuai dengan rencana namun peserta didik terkendala dengan buku pelajaran lanjutan untuk KD berikutnya; aspek product berupa ketercapaian tujuan program SKS belum terpenuhi namun SMA Negeri 1 Bantarsari memutuskan untuk melanjutkan program tersebut dengan berusaha memperbaiki kendala-kendala yang ada. Berdasarkan hasil penelitian, sebaiknya SMA Negeri 1 Bantarsari melakukan perbaikan dan pengembangan terhadap program SKS. Hal yang perlu diperbaiki adalah dalam hal sarana prasarana, serta pemahaman guru terhadap program SKS dan penggunaan teknologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Program Sistem Kredit Semester, SKS, Mata Pelajaran Ekonomi, SMA Negeri 1 Bantarsari
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > Educational Institutions
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 31 May 2020 15:05
Last Modified: 31 May 2020 15:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36477

Actions (login required)

View Item View Item