EVALUASI PROGRAM PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 MATARAM EMERGENCY MEDICAL SERVICE (MEMS) DI RSUD KOTA MATARAM


Pradita Nurmalia , 6411417101 (2019) EVALUASI PROGRAM PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 MATARAM EMERGENCY MEDICAL SERVICE (MEMS) DI RSUD KOTA MATARAM. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EVALUASI PROGRAM PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 MATARAM EMERGENCY MEDICAL SERVICE (MEMS) DI RSUD KOTA MATARAM]
Preview
PDF (EVALUASI PROGRAM PUBLIC SAFETY CENTER (PSC) 119 MATARAM EMERGENCY MEDICAL SERVICE (MEMS) DI RSUD KOTA MATARAM) - Published Version
Download (854kB) | Preview

Abstract

Latar belakang : Dalam meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan, Pemerintah Kota Mataram meluncurkan program PSC 119 MEMS. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program PSC 119 MEMS. Metode : Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara. Fokus penelitian ini yaitu evaluasi program PSC 119 MEMS di RSUD Kota Mataram. Metode evaluasi menggunakan CIPP (Contect, Input, Procces, Product). Informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang terdiri dari 5 informan utama yaitu Kepala Instalasi IGD, 1 perawat, 1 dokter, 1 operator, dan 1 humas. Informan triangulasi terdiri dari 10 orang penelepon MEMS. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan metode Miles & Huberman. Hasil penelitian : terdapat tiga ambulan yang belum sesuai dengan standar. selain itu mayoritas petugas belum memiliki sertifikat BTCLS dan tidak adanya SOP Tindakan menghambat petugas dalam melakukan tindakan pada pasien. Saran : melakukan standarisasi pada seluruh ambulan, melakukan pelatihan BTCLS untuk petugas dan membuat SOP Tindakan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Latar belakang : Dalam meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan, Pemerintah Kota Mataram meluncurkan program PSC 119 MEMS. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program PSC 119 MEMS. Metode : Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan rancangan penelitian studi kasus. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara. Fokus penelitian ini yaitu evaluasi program PSC 119 MEMS di RSUD Kota Mataram. Metode evaluasi menggunakan CIPP (Contect, Input, Procces, Product). Informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang terdiri dari 5 informan utama yaitu Kepala Instalasi IGD, 1 perawat, 1 dokter, 1 operator, dan 1 humas. Informan triangulasi terdiri dari 10 orang penelepon MEMS. Informan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan metode Miles & Huberman. Hasil penelitian : terdapat tiga ambulan yang belum sesuai dengan standar. selain itu mayoritas petugas belum memiliki sertifikat BTCLS dan tidak adanya SOP Tindakan menghambat petugas dalam melakukan tindakan pada pasien. Saran : melakukan standarisasi pada seluruh ambulan, melakukan pelatihan BTCLS untuk petugas dan membuat SOP Tindakan.
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 May 2020 15:52
Last Modified: 30 May 2020 15:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36473

Actions (login required)

View Item View Item