ANALISIS FAKTOR RISIKO KEJADIAN KECELAKAAN PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE MITRA PT.X DI KOTA SEMARANG


Reza Yudhistira Adi Pratama , 6411415119 (2019) ANALISIS FAKTOR RISIKO KEJADIAN KECELAKAAN PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE MITRA PT.X DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR RISIKO KEJADIAN KECELAKAAN PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE MITRA PT.X DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (ANALISIS FAKTOR RISIKO KEJADIAN KECELAKAAN PADA PENGEMUDI OJEK ONLINE MITRA PT.X DI KOTA SEMARANG) - Updated Version
Download (754kB) | Preview

Abstract

Kemajuan teknologi di bidang transportasi, membuat beberapa perusahaan menggunakan peluang ini untuk mengembangkan aplikasi transportasi berbasis online. Berdasarkan hasil wawancara dengan 10 pengemudi ojek online diketahui semuanya hampir dan atau pernah mengalami kecelakaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor risiko terjadinya kecelakaan pada pengemudi ojek online mitra PT.X di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Informan penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner terstruktur. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah chi-square. Apabila tidak memenuhi syarat maka akan digunakan uji fisher. Hasil menunjukan bahwa terdapat hubungan antara jenis kelamin,tingkat pendidikan, pengalaman berkendara, masa kerja, tingkat pengetahuan, status kesehatan, kelengkapan sarana dan prasarana berkendara, kondisi kendaraan, faktor cuaca, dan keikutsertaan pelatihan safety riding terhadap kejadian kecelakaan. Serta tidak ada hubungan antara usia, sikap, geometrik jalan, dan kondisi permukaan jalan terhadap kejadian kecelakaan Saran dalam penelitian ini adalah bagi pengemudi ojek online yaitu lebih memperhatikan waktu kerja dan untuk PT.X melakukan pengawasan terhadap kesehatan dan keselamatan kerja para mitranya dengan menonaktifkan akun apabila sudah bekerja selama 8 jam atau telah memenuhi target tertentu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ojek Online, PT.X, Kecelakaan, Berkendara
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 May 2020 14:52
Last Modified: 30 May 2020 14:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36458

Actions (login required)

View Item View Item