EVALUASI TERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) K3 DI CV. CITRA JEPARA FURNITURE KABUPATEN SEMARANG


Andini Rizka Dwi Utami, 6411415113 (2019) EVALUASI TERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) K3 DI CV. CITRA JEPARA FURNITURE KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EVALUASI TERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) K3 DI CV. CITRA JEPARA FURNITURE KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (EVALUASI TERAPAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) K3 DI CV. CITRA JEPARA FURNITURE KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (798kB) | Preview

Abstract

CV. Citra Jepara Furniture adalah perusahaan manufaktur yang menghasilkan indoor furniture. Di perusahaan ini ditemukan 13 kasus kecelakaan kerja pada tahun 2018, salah satu faktor penyebabnya adalah bekerja tidak sesuai SOP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi terapan SOP K3 CV. Citra Jepara Furniture. Metode pada penelitian menggunakan penelitian kualitatif, informan pada penelitian ini berjumlah 11 orang, teknik pemilihan dengan purposive sampling, penelitian ini dilakukan di CV. Citra Jepara Furniture pada tahun 2019. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan evaluasi penerapan SOP K3 berdasarkan indikator yakni komitmen top management, komunikasi, keterlibatan, kompetensi dan motivasi pekerja berdasarkan Peraturan Pemerintah No.50 tahun 2012 tentang Penerapan SMK3. Hasil penelitian menunjukkan semua poin d alam indikator komitmen top management dan motivasi pekerja tidak sesuai, masih kurang meratanya penyampaian informasi SOP K3 keseluruh pekerja, tidak dilibatkannya pekerja dalam penyusunan dan penyaluran SOP K3 dan rendahnya kepatuhan pekerja dalam menerapkan SOP APD. Dapat disimpulkan dari 16 indikator penerapan SOP K3, 10 indikator tidak sesuai PP NO.50 Tahun 2012.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: SOP, Evaluasi, Komitmen Top Management.
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 30 May 2020 14:32
Last Modified: 30 May 2020 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36454

Actions (login required)

View Item View Item