PENERAPAN PROGRAM UPAYA KESEHATAN KERJA PADA SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BERGAS


Nurul Fitri Qur’ani Wahyuni , 6411415087 (2020) PENERAPAN PROGRAM UPAYA KESEHATAN KERJA PADA SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BERGAS. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN PROGRAM UPAYA KESEHATAN KERJA PADA SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BERGAS]
Preview
PDF (PENERAPAN PROGRAM UPAYA KESEHATAN KERJA PADA SEKTOR INFORMAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS BERGAS) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pekerja sektor informal masih mendominasi di Indonesia. Di sisi lain pekerja sektor informal relatif kurang mendapat perhatian, sehingga untuk mendekatkan dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan pada usaha sektor informal dibentuk adanya Pos UKK. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan program upaya kesehatan kerja pada sektor informal di wilayah kerja Puskesmas Bergas. Jenis penelitian ini adalah evaluatif dengan rancangan komparatif. Informan penelitian ini ada 14 orang informan, terdiri dari informan utama yaitu 1 orang kepala puskesmas, 1 orang pengelola program upaya kesehatan kerja, 6 orang kader Pos UKK, dan informan triangulasi yaitu 6 orang pekerja. Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar studi dokumentasi. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik analisis data penelitian ini yaitu mengumpulkan data, mengklasifikasikan data, dan menginterpretasikan data. Hasil penelitian inidiketahui bahwa dari 80 poin indikator,rata-rata persentase indikator penerapan yang sesuai sebesar 22,5% (18 indikator), tidak sesuai sebesar 36,25% (29 indikator), dan tidak ada sebesar 41,25% (33 indikator). Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan program upaya kesehatan kerja pada sektor informal di wilayah kerja Puskesmas Bergas menghasilkan rata-rata yang sesuai sebesar 22,5%, artinya belum ada setengah poin-poin indikator yang dilaksanakan. Saran dari penelitian ini yaitu pengelola program upaya kesehatan kerja memperbaiki sumber daya manusia dalam kegiatan upaya kesehatan kerja karena sumber daya manusia sebagai penggerak kegiatan UKK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan program upaya kesehatan kerja, sektor informal, Puskesmas Bergas
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 29 May 2020 00:38
Last Modified: 29 May 2020 00:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36445

Actions (login required)

View Item View Item