METODE KOMBINASI DALAM MENURUNKAN KADAR BOD5 DAN COD PADA LIMBAH CAIR TEPUNG AREN (Studi Kasus di Industri Tepung Aren Desa Daleman Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten)


Rahina Esti Nirwana , 6411415084 (2019) METODE KOMBINASI DALAM MENURUNKAN KADAR BOD5 DAN COD PADA LIMBAH CAIR TEPUNG AREN (Studi Kasus di Industri Tepung Aren Desa Daleman Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of METODE KOMBINASI DALAM MENURUNKAN KADAR BOD5 DAN COD PADA LIMBAH CAIR TEPUNG AREN (Studi Kasus di Industri Tepung Aren Desa Daleman Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten)]
Preview
PDF (METODE KOMBINASI DALAM MENURUNKAN KADAR BOD5 DAN COD PADA LIMBAH CAIR TEPUNG AREN (Studi Kasus di Industri Tepung Aren Desa Daleman Kecamatan Tulung Kabupaten Klaten)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Limbah cair tepung aren merupakan limbah yang dihasilkan pada proses pemerasan serat aren untuk mendapatkan endapan tepung pati. Limbah yang dihasilkan mengandung kadar BOD5 2985 mg/l dan COD 8740 mg/l yang melebihi baku mutu menurut Perda Jateng No 5 tahun 2012. Selain mencemari air, dengan kenaikan kadar BOD5 dan COD dapat menimbulkan bau busuk serta menganggu kesehatan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penurunan kadar BOD5 dan COD dengan perlakuan metode kombinasi aerasi filtrasi dan adsorpsi. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan pendekatan Pretest-Posttest Control Group Design. Objek penelitian yang digunakan merupakan limbah cair tepung aren rumah produksi milik Bapak Nurdin di Dusun Bendo Desa Daleman Kecamatan Tulung. Jumlah replikasi yang digunakan sebanyak 4. Data dianalisis menggunakan analisis univariat. Hasil menunjukkan rata-rata penurunan kadar BOD5 pada treatment 1 sebesar 10%, treatment 2 sebesar 15%, treatment 3 sebesar 27% dan kontrol sebesar 1%. Rata-rata penurunan kadar COD pada treatment 1 sebesar 23%, treatment 2 sebesar 35%, treatment 3 sebesar 39% dan kontrol sebesar 6%. Saran penelitian ini adalah perlu ada penyuluhan dan pelatihan pengolahan limbah sebelum dibuang ke lingkungan untuk mengurangi pencemaran langsung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Limbah Cair,Tepung Aren, BOD5, COD
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 28 May 2020 23:48
Last Modified: 28 May 2020 23:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36443

Actions (login required)

View Item View Item