GAMBARAN PENERAPAN KEBIJAKAN SEKOLAH SIAGA BENCANA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI YOGYAKARTA TAHUN 2019


Anggita Ratna Dewi , 6411415074 (2019) GAMBARAN PENERAPAN KEBIJAKAN SEKOLAH SIAGA BENCANA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI YOGYAKARTA TAHUN 2019. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of GAMBARAN PENERAPAN KEBIJAKAN SEKOLAH SIAGA BENCANA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI YOGYAKARTA TAHUN 2019]
Preview
PDF (GAMBARAN PENERAPAN KEBIJAKAN SEKOLAH SIAGA BENCANA TINGKAT SEKOLAH DASAR DI YOGYAKARTA TAHUN 2019) - Published Version
Download (842kB) | Preview

Abstract

Pendidikan siaga bencana penting bagi seluruh masyarakat Indonesia, terutama mengenalkannya sejak dini di sekolah.Tujuan penelitian ini adalah mengetahui gambaran penerapan kebijakan sekolah siaga bencana tingkat sekolah dasar di Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, panduan wawancara, dan lembar studi dokumen.Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Penanggung Jawab Program SSB, Komite Sekolah, Dinas Pendidikan, dan BPBD. Dari 17 poin indikator terdiri dari visi misi dengan 2 poin indikator; peraturan/kesepakatan dengan 4 poin indikator; penganggaran dengan 3 poin indikator; program kegiatan/perencanaan dengan 6 poin indikator; dan monitoring evaluasi dengan 2 poin indikator di SD X Kota Yogyakarta terdapat 10 (58,8%) indikator yang sesuai, 5 (29,4%) indikator tidak sesuai, dan 2 (11,8%) indikator belum diterapkan. Sedangkan di SD Y Kabupaten Sleman terdapat 10 (58,8%) indikator sesuai, 3 (17,7%) indikator tidak sesuai, dan 4 (23,5%) indikator belum diterapkan. Penerapan kebijakan sekolah siaga bencana di SD X Kota Yogyakarta lebih tinggi dari SD Y Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kebijakan, sekolah siaga bencana, SD X Kota Yogyakarta, SD Y Kabupaten Sleman
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 28 May 2020 23:26
Last Modified: 28 May 2020 23:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36437

Actions (login required)

View Item View Item