EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN PERSONAL HYGIENE BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK PADA ANAK KELAS 1 SD NEGERI DI KOTA SEMARANG


Gusti Sesanti Sandra Nastiti , 6411415072 (2019) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN PERSONAL HYGIENE BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK PADA ANAK KELAS 1 SD NEGERI DI KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN PERSONAL HYGIENE BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK PADA ANAK KELAS 1 SD NEGERI DI KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN PERSONAL HYGIENE BERBASIS MACROMEDIA FLASH DALAM PENINGKATAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PRAKTIK PADA ANAK KELAS 1 SD NEGERI DI KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah kesehatan umum yang terjadi pada anak usia sekolah dasar biasanya berkaitan dengan kebersihan perorangan dan lingkungan. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di 16 Sekolah Dasar di Kota Semarang, pengetahuan siswa tentang personal hygiene dan kebersihan lingkungan sekitar rumah dan sekolah masih buruk yaitu 23%, sikap sudah baik yaitu 83% dan praktik cukup baik yaitu 58%. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran personal hygiene berbasis macromedia flash dalam peningkatan pengetahuan, sikap dan praktik siswa kelas 1 SD Negeri di Kota Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian Riset and Development dengan metode Kuasi Eksperimen. Populasi penelitian ini 14.040 siswa kelas 1 SDN di Kota Semarang. Sampel penelitian ini terdiri dari 10 SD Negeri ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel dibagi menjadi kelompok intervensi dan kelompok kontrol dengan perbadingan 1:1. Maka 5 SD Negeri menjadi kelompok intervensi dan 5 SD Negeri menjadi kelompok kontrol. Jumlah sampel penelitian ini terbagi menjadi kelompok intervensi 167 siswa dan kelompok kontrol 167 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji wilcoxon dengan SPSS 16.00. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran berbasis macromedia flash efektif utuk meningkatkan pengetahuan 15%, sikap 26% dan praktik 8% pada anak kelas 1 SD Negeri di Kota Semarang. Saran penelitian ini adalah agar pihak sekolah memfasilitasi media pembelajaran interaktif yang dapat menarik minat siswa untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan praktik siswa tentang personal hygiene.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Macromedia Flash, Personal Hygiene, Pendidikan Kesehatan Lingkungan, Sekolah Dasar
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 28 May 2020 23:23
Last Modified: 28 May 2020 23:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36436

Actions (login required)

View Item View Item