KESIAPSIAGAAN SMP ISLAM AL MADINA SEBAGAI SEKOLAH SIAGA BENCANA


Ayu Dwi Haryati , 6411415070 (2019) KESIAPSIAGAAN SMP ISLAM AL MADINA SEBAGAI SEKOLAH SIAGA BENCANA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of KESIAPSIAGAAN SMP ISLAM AL MADINA SEBAGAI SEKOLAH SIAGA BENCANA]
Preview
PDF (KESIAPSIAGAAN SMP ISLAM AL MADINA SEBAGAI SEKOLAH SIAGA BENCANA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Jawa Tengah memiliki prosentase kebencanaan tertinggi di Indonesia. Kota Semarang sebagai ibu kota Provinsi memiliki indeks risiko bencana kelas tinggi. Angka kejadian bencana di Kota Semarang meningkat selama 5 tahun berturut-turut. Pemerintah mentargetkan penurunan indeks risiko bencana sebesar 30% di tahun 2019 dengan upaya peningkatan kapasitas. Salah satunya melalui program sekolah siaga bencana di SMP Islam Al Madina. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapsiagaan SMP Islam Al Madina sebagai sekolah siaga bencana. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik purposive sampling yang melibatkan komponen sekolah, guru dan siswa. Hasil menunjukkan bahwa ketercapaian indikator dan tingkat kesiapsiagaan SMP Islam Al Madina tiap parameter masing-masing, yaitu: (1) pengetahuan, sikap dan tindakan 63,02% dan 72,84%, (2) Kebijakan 50,00% dan 54,55%, (3) Rencana tanggap darurat 54,41% dan 65,91%, (4) Peringatan bencana 52,38% dan 60,54%, serta (5) Mobilisasi sumber daya 62,22% dan 75,52%. Kesiapsiagaan SMP Islam Al Madina berada pada level sedang, dengan indeksi ketercapaian indikator 56,58 dan tingkat kesiapsiagaan 68,89. Saran penelitian ini adalah perbaikan terhadap administrasi kebijakan sekolah, pendampingan sekolah oleh instansi terkait, pemberian pelatihan lanjutan dan penerapan strategi SSB di instansi sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bencana, Kesiapsiagaan, Sekolah Siaga Bencana
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 28 May 2020 23:16
Last Modified: 28 May 2020 23:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36434

Actions (login required)

View Item View Item