PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO EXPLAINER BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG STUNTING (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Poncol Kota Semarang)


Hamimah , 6411415047 (2019) PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO EXPLAINER BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG STUNTING (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Poncol Kota Semarang). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO EXPLAINER BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG STUNTING (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Poncol Kota Semarang)]
Preview
PDF (PENGARUH PENYULUHAN KESEHATAN MELALUI MEDIA VIDEO EXPLAINER BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP PENGETAHUAN IBU TENTANG STUNTING (Studi Kasus di Wilayah Kerja Puskesmas Poncol Kota Semarang)) - Published Version
Download (716kB) | Preview

Abstract

Prevalensi balita stunting di wilayah kerja Puskesmas Poncol Kota Semarang pada tahun 2017 yakni sejumlah 18,6%, terdiri dari 163 balita kategori pendek (z-score TB/U < -2,00 SD) dan balita sangat pendek (z-score TB/U < -3,00 SD) sejumlah 49 balita. Angka ini menempati urutan pertama prevalensi stunting terbanyak di Kota Semarang. 78 orang dari jumlah tersebut yang mengalami stunting adalah anak bawah dua tahun. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui adakah pengaruh penyuluhan kesehatan melalui media video explainer berbasis Sparkol Videoscribe terhadap pengetahuan ibu tentang stunting di wilayah kerja Puskesmas Poncol. Jenis penelitian ini adalah Pre-experiment dengan rancangan One Grup Pretest Posttest Design. Pengembangan media menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penilaian media video dilakukan oleh ahli media dan ahli gizi. Sampel dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 0-23 bulan sejumlah 232 orang dari 9 kelurahan yang ada di wilayah kerja Puskesmas Poncol. Intrumen penelitian berupa lembar penilaian media dan lembar Pre test dan Post test. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon dengan perangkat SPSS 23. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada perbedaan pengetahuan ibu tentang stunting sebelum dan sesudah penyuluhan kesehatan melalui media video explainer berbasis Sparkol Videoscribe yaitu nilai signifikansi p = 0,000 (p-value <0,05). Saran untuk penelitian ini adalah ibu melakukan upaya pencegahan stunting dan peneliti selanjutnya dapat meneliti lebih lanjut perbandingan pengetahuan antara penyuluhan melalui media video explainer berbasis sparkol videoscribe dengan media promosi kesehatan lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stunting, Pengetahuan, Penyuluhan, Sparkol videoscribe
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 28 May 2020 22:53
Last Modified: 28 May 2020 22:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36424

Actions (login required)

View Item View Item