GAMBARAN SPASIOTEMPORAL KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE BERDASARKAN HOUSE INDEX, KEPADATAN PENDUDUK, DAN KEPADATAN RUMAH (Studi kasus di Wilayah Kerja Puskemas Gambirsari Kota Surakarta)


Nila Kusumawati , 6411415042 (2019) GAMBARAN SPASIOTEMPORAL KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE BERDASARKAN HOUSE INDEX, KEPADATAN PENDUDUK, DAN KEPADATAN RUMAH (Studi kasus di Wilayah Kerja Puskemas Gambirsari Kota Surakarta). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of GAMBARAN SPASIOTEMPORAL KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE BERDASARKAN HOUSE INDEX, KEPADATAN PENDUDUK, DAN KEPADATAN RUMAH (Studi kasus di Wilayah Kerja Puskemas Gambirsari Kota Surakarta)]
Preview
PDF (GAMBARAN SPASIOTEMPORAL KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE BERDASARKAN HOUSE INDEX, KEPADATAN PENDUDUK, DAN KEPADATAN RUMAH (Studi kasus di Wilayah Kerja Puskemas Gambirsari Kota Surakarta)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Puskesmas Gambirsari merupakan daerah dengan angka kesakitan DBD tertinggi se-Kota Surakarta dari tahun 2015 hingga 2017. Faktor yang berpengaruh terhadap kejadian DBD pada tahun 2015 hingga Maret 2019 adalah house index, kepadatan penduduk dan kepadatan rumah. Diperlukan upaya pencegahan DBD secara spasial untuk menggambarkan pola persebaran kasus, faktor demografi maupun faktor lingkungan secara luas dan spesifik di seluruh wilayah kerja puskesmas. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskritif menggunakan pendekatan cross-sectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini menggunakan total populasi yang berjumlah 334. Pengambilan titik koordinat menggunakan aplikasi GPS dengan instrumen lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis univariat dan analisis spasial. Hasil analisis spasiotemporal menunjukkan gambaran spasial secara temporal variabel penelitian dengan kejadian DBD. Dalam 5 tahun tersebut kejadian DBD terjadi pada kepadatan penduduk, kepadatan rumah sedang dan tinggi, serta house index rendah . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah kasus DBD tahun 2015 hingga Maret 2019 lebih endemis terjadi di RW yang memiliki kepadatan penduduk sedang dan tinggi, kepadatan rumah sedang dan tinggi serta HI yang rendah. Analisis buffer zone pada tahun 2019 daerah yang masuk kedalam area buffer adalah RW 8, RW 23, RW 17 dan RW 31.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Spasiotemporal, DBD, Kepadatan Penduduk, Kepadatan Rumah, HI
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 28 May 2020 22:46
Last Modified: 28 May 2020 22:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36421

Actions (login required)

View Item View Item