PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN TEKANAN KOMPAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK BRIKET LIMBAH DAUN CENGKEH


Pradipta Bagas Maruto Putra , 5212415019 (2019) PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN TEKANAN KOMPAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK BRIKET LIMBAH DAUN CENGKEH. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN TEKANAN KOMPAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK BRIKET LIMBAH DAUN CENGKEH]
Preview
PDF (PENGARUH UKURAN PARTIKEL DAN TEKANAN KOMPAKSI TERHADAP KARAKTERISTIK BRIKET LIMBAH DAUN CENGKEH) - Published Version
Download (532kB) | Preview

Abstract

Pembuatan briket limbah daun cengkeh dilakukan karena limbah sisa penyulingan daun cengkeh hanya digunakan sebagai bahan bakar penyulingannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh ukuran partikel dan tekanan kompaksi terhadap karakteristik briket yang meliputi: uji proximate (nilai kalor, kadar abu, kadar air, volatile matters dan fixed carbon), struktur makro, kerapatan, drop test, stability dan laju dekomposisi. Variasi ukuran partikel adalah 20 mesh, 40 mesh, 60 mesh, campuran dan tanpa pengayakan dengan tekanan 25 kgf/cm2 dan 50 kgf/cm2. Limbah daun cengkeh dikeringkan terlebih dahulu. Menggiling limbah daun cengkeh sesuai ukuran mesh yang digunakan. Melakukan pembriketan dan pengujian. Pada pengujian proximate, bahan yang digunakan hanya 2 yaitu daun kering sisa destilasi dan briket dengan perekat 15%. Briket 60 mesh dengan tekanan 50 kgf/cm2 termasuk briket paling baik dengan massa yang hilang 0,186%, densitas 0,906 g/cm3 dan memiliki waktu paling lama saat pembakaran yaitu 1325 detik. Semakin tinggi nilai densitas akan menyebabkan briket menjadi semakin kuat sehingga memiliki persentase massa yang hilang menurun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Briket, Daun Cengkeh, Ukuran Partikel, Tekanan Kompaksi
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2020 13:37
Last Modified: 28 May 2020 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36420

Actions (login required)

View Item View Item