DESAIN DAN ANALISIS AERODINAMIKA BODY MOBIL SEDAN, HATCHBACK, SPORT UTILITY VEHICLE (SUV) BERBASIS SOFTWARE AUTODESK FLOW DESIGN 14.0


Alik Mahmudi , 5212415012 (2019) DESAIN DAN ANALISIS AERODINAMIKA BODY MOBIL SEDAN, HATCHBACK, SPORT UTILITY VEHICLE (SUV) BERBASIS SOFTWARE AUTODESK FLOW DESIGN 14.0. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of DESAIN DAN ANALISIS AERODINAMIKA BODY MOBIL SEDAN, HATCHBACK, SPORT UTILITY VEHICLE (SUV) BERBASIS SOFTWARE AUTODESK FLOW DESIGN 14.0]
Preview
PDF (DESAIN DAN ANALISIS AERODINAMIKA BODY MOBIL SEDAN, HATCHBACK, SPORT UTILITY VEHICLE (SUV) BERBASIS SOFTWARE AUTODESK FLOW DESIGN 14.0) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Bentuk body kendaraan hingga dewasa ini mengarah pada penurunan koefisien hambat aerodinamika. Hal ini dilakukan untuk menunjang kinerja pada kendaraan. Penambahan aksesoris pada kendaraan juga perlu untuk diperhitungkan dalam proses perancangan body kendaraan. Dalam penelitian ini desain body dirancang sedemikian rupa tanpa menggunakan banyak aksesoris/ alat bantu pada body kendaraan untuk meminimalkan koefisien hambatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk body yang lebih aerodinamis dan mengetahui vektor velocity, drag coefficient, pressure, dan Reynolds Number (Re). Penelitian dilakukan melalui dua tahapan yaitu proses pembuatan desain body kendaraan dan proses analisis body kendaraan. Proses pembuatan desain yaitu menentukan konsep desain, pembuatan sketsa manual, dan pembuatan desain body menggunakan software Autodesk Fusion 360. Sedangkan dalam proses analisis body kendaraan yaitu pre-processing (geometri, boundary condition, setup, dan meshing), solving, dan post-processing (vektor velocity, pressure, dan drag coefficient). Proses analisis dilakukan menggunakan software Autodesk Flow Design 14.0. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa seiring dengan bertambahnya laju kendaraan, maka nilai pressure dan bilangan Reynolds (Re) akan semakin meningkat. Dan semakin meningkatnya nilai bilangan Reynolds maka nilai drag coefficient (Cd) akan semakin kecil. Adapun saran dari peneliti yaitu sebaiknya apabila dalam melakukan analisis aerodinamika haruslah didukung dengan hardware yang mumpuni atau spesifikasi yang tinggi agar mempercepat dalam proses analisis

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: body, vektor velocity, drag coefficient, pressure, dan Reynolds Number (Re)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2020 13:23
Last Modified: 28 May 2020 13:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36419

Actions (login required)

View Item View Item