PERANCANGAN SISTEM PENGEREMAN IBS (INTEGRATED BRAKING SYSTEM) TIPE HIDRAULIC DISC BRAKE PADA KENDARAAN RODA DUA BERBASIS SOLIDWORKS 2015


Yusuf Halim Jamaludin , 5212414050 (2019) PERANCANGAN SISTEM PENGEREMAN IBS (INTEGRATED BRAKING SYSTEM) TIPE HIDRAULIC DISC BRAKE PADA KENDARAAN RODA DUA BERBASIS SOLIDWORKS 2015. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PERANCANGAN SISTEM PENGEREMAN IBS (INTEGRATED BRAKING SYSTEM) TIPE HIDRAULIC DISC BRAKE PADA KENDARAAN RODA DUA BERBASIS SOLIDWORKS 2015]
Preview
PDF (PERANCANGAN SISTEM PENGEREMAN IBS (INTEGRATED BRAKING SYSTEM) TIPE HIDRAULIC DISC BRAKE PADA KENDARAAN RODA DUA BERBASIS SOLIDWORKS 2015) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem pengereman sepeda motor saat ini masih menggunakan metode konvensional atau pengontrolan rem depan dan belakang masih manual sehingga dapat dikatakan kurang efisien dalam proses pengereman. Pada penelitian ini, dirancanglah sistem pengereman IBS yaitu sistem pengereman serentak yang memanfaatkan torsi pengereman roda belakang dengan satu pedal rem sehingga dapat memudahkan pengendara untuk melakukan pengereman. Penelitian ini menggunakan simulasi metode elemen hingga dengan bantuan software SOLIDWORKS 2015. Objek pada penelitian ini adalah rancangan sistem rem IBS pada sepeda motor New Honda Blade 2012 dengan menekankan pada hasil dari tegangan dan defleksi dari komponen sistem rem IBS yang terkena momen rem dari putaran roda belakang. Hasil penelitian ini adalah: (1) menghasilkan komponen sistem rem IBS yaitu bracket kaliper dan lengan dengan material AISI 1045, tabung, penyetel pegas, dan bracket master rem dengan material AA 6061 T6, dan pegas dengan material ASTM A228; (2) data analisis masing-masing komponen yang menunjukkan bahwa dan tertinggi pada lengan IBS dan terendah pada penyetel pegas, dan faktor keamanan ≥2 sehingga dinyatakan aman; (3) simulasi gerak mekanik sistem rem IBS yang menampilkan hubungan mekanik antar komponen dari pedal rem yang ditekan mengakibatkan bracket kaliper menekan master rem depan sehingga piston kaliper depan tertekan dan terjadilah pengereman roda depan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: defleksi, IBS, metode elemen hingga, sistem pengereman, tegangan, SOLIDWORKS 2015.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 May 2020 13:06
Last Modified: 28 May 2020 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36415

Actions (login required)

View Item View Item