HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN LEPTOSPIROSIS TERHADAP KEJADIAN LEPTOSPIROSIS DI DAERAH ENDEMIS (Studi Kasus di Puskesmas Bonang I Kabupaten Demak)


Ragil Andriani , 6411415039 (2019) HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN LEPTOSPIROSIS TERHADAP KEJADIAN LEPTOSPIROSIS DI DAERAH ENDEMIS (Studi Kasus di Puskesmas Bonang I Kabupaten Demak). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN LEPTOSPIROSIS TERHADAP KEJADIAN LEPTOSPIROSIS DI DAERAH ENDEMIS (Studi Kasus di Puskesmas Bonang I Kabupaten Demak)]
Preview
PDF (HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN DAN PERILAKU PENCEGAHAN LEPTOSPIROSIS TERHADAP KEJADIAN LEPTOSPIROSIS DI DAERAH ENDEMIS (Studi Kasus di Puskesmas Bonang I Kabupaten Demak)) - Published Version
Download (680kB) | Preview

Abstract

Puskesmas Bonang I merupakan salah satu puskesmas dengan angka kesakitan leptospirosis yang tidak pernah mencapai target nasional (IR ≤ 3 per 100.00 penduduk). Pada tahun 2018, IR leptospirosis sebesar 28,17 per 100.000 penduduk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan faktor lingkungan dan perilaku pencegahan leptospirosis terhadap kejadian leptospirosis di daerah endemis leptospirosis Puskesmas Bonang I Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel sebesar 68 rumah dengan menggunakan teknik cluster sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar kuesioner. Data dianalisis secara univariat untuk mendeskripsikan semua variabel penelitian dan secara bivariat dengan uji chi-square. Hasil penelitian ini adalah jarak rumah dengan selokan (p=0,007), keberadaan tambak (p=0,499), keberadaan sampah sekitar rumah (p=0,449), keberadaan genangan air (p=0,004), riwayat peran serta kegiatan berisiko leptospirosis (p=0,011), jenis pekerjaan (p=0,043), dan perilaku pencegahan leptospirosis (p=0,486). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan antara jarak rumah dengan selokan, keberadaan genangan air, riwayat peran serta kegiatan berisiko leptospirosis, dan jenis pekerjaan terhadap kejadian leptospirosis. Saran dari penelitian ini sebaiknya masyarakat menjaga kebersihan lingkungan saluran air dan menggunakan alat pelindung diri (APD) seperti sepatu boot, sarung tangan saat kontak dengan genangan air atau lumpur yang terkontaminasi bakteri leptospira.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Leptospirosis, Lingkungan, Perilaku Pencegahan
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 May 2020 15:42
Last Modified: 26 May 2020 15:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36402

Actions (login required)

View Item View Item