EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) UNTUK PENDERITA BALITA GIZI BURUK (Studi Kasus di Puskesmas Welahan I Kabupaten Jepara)


Noer Arsyita Aryani , 6411415038 (2019) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) UNTUK PENDERITA BALITA GIZI BURUK (Studi Kasus di Puskesmas Welahan I Kabupaten Jepara). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) UNTUK PENDERITA BALITA GIZI BURUK (Studi Kasus di Puskesmas Welahan I Kabupaten Jepara)]
Preview
PDF (EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN PEMULIHAN (PMT-P) UNTUK PENDERITA BALITA GIZI BURUK (Studi Kasus di Puskesmas Welahan I Kabupaten Jepara)) - Published Version
Download (565kB) | Preview

Abstract

Persentase balita gizi buruk di Kabupaten Jepara pada tahun 2016 sebesar 2,7%, tahun 2017 sebesar 2,62% dan tahun 2018 sebesar 3,84%. Puskesmas Welahan I merupakan puskesmas dengan persentase balita gizi buruk yang mengalami peningkatan setiap tahunnya, pada tahun 2015 (0,81%), tahun 2016 (4,35%) dan tahun 2017 (4,73%). Salah satu program pemerintah dalam mengatasi masalah balita gizi buruk adalah dengan menyelenggarakan PMT-P. Pelaksanaan PMT-P di Puskesmas Welahan I belum optimal karena belum memenuhi target dan adanya kendala dalam pelaksanaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran Program PMT-P untuk penderita balita gizi buruk di Puskesmas Welahan I Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan teknik pengambilan informan secara purposive sampling. Informan utama berjumlah 3 orang sedangkan informan triangulasi terdiri dari 4 orang. Teknik pengambilan data menggunakan teknik wawancara mendalam menggunakan pedoman wawancara terstruktur dengan analisis secara deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa pelaksanaan program ini belum berjalan dengan optimal seperti pada tahap masukan terdapat kendala yaitu belum memiliki sarana gudang untuk menyimpan paket makanan, kemudian tahap proses meliputi perencaanaan seperti perhitungan harian balita, tidak ada kelompok ibu balita, kemudian tahap pemantauan belum berjalan dengan maksimal dikarenakan terdapat anggota keluarga yang ikut mengkonsumsi, serta pada tahap pencatatan belum dilaksanakan pencatatan harian daya terima terhadap makanan yang diberikan dan cakupan program PMT-P masih rendah. Saran penelitian ini adalah instansi terkait untuk meningkatkan serta pengawasan pelaksanaan program PMT-P.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, PMT-P, Balita Gizi Buruk, Kualitatif
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 May 2020 15:36
Last Modified: 26 May 2020 15:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36401

Actions (login required)

View Item View Item