PERAN PUSKESMAS DALAM SISTEM MANAJEMEN BENCANA BANJIR DI SEMARANG TAHUN 2019 (Studi Kasus di Puskesmas X Kecamatan Genuk dan Puskesmas Y Kecamatan Tugu)
Risma Nur Atika , 6411415037 (2020) PERAN PUSKESMAS DALAM SISTEM MANAJEMEN BENCANA BANJIR DI SEMARANG TAHUN 2019 (Studi Kasus di Puskesmas X Kecamatan Genuk dan Puskesmas Y Kecamatan Tugu). Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (PERAN PUSKESMAS DALAM SISTEM MANAJEMEN BENCANA BANJIR DI SEMARANG TAHUN 2019 (Studi Kasus di Puskesmas X Kecamatan Genuk dan Puskesmas Y Kecamatan Tugu))
- Published Version
Download (410kB) | Preview |
Abstract
Kenaikan muka air laut merupakan fenomena yang tidak bisa dipisahkan dari pesisir Semarang.Kenaikan muka air laut merupakan dampak dari perubahan iklim global. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui peran puskesmas dalam sistem manajemen bencana banjir di Semarang Tahun 2019. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, panduan wawancara, dan lembar studi dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Puskesmas, Kepala Bagian Tata Usaha, Hygien Sanitasi, dan Gizi. Dari 18 poin indikator terdiri dari pra bencana dengan 7 poin indikator, saat bencana dengan 5 poin indikator,dan pasca bencana dengan 6 poin indikator. Di Puskesmas Genuk terdapat 6 (33,3%) indikator sesuai, 2 (11,1%) indikator tidak sesuai, dan 10 (55,6%) indikator tidak ada. Sedangkan di Puskesmas Mangkang 4 (22,2%) indikator sesuai, 1 (5,6%) indikator tidak sesuai, dan 13 (72,2%) indikator tidak ada. Peran puskesmas dalam sistem manajemen bencana banjir di Puskesmas Genuk lebih tinggi dari Puskesmas Mangkang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Puskesmas, Sistem Manajemen Bencana |
Subjects: | O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | indah tri pujiati |
Date Deposited: | 26 May 2020 15:34 |
Last Modified: | 26 May 2020 15:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36400 |
Actions (login required)
View Item |