GAMBARAN POTENSI BAHAYA PADA HOME INDUSTRY KONVEKSI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Konveksi Permata, Kalisegoro dan Fanny)


Isa Sukmawati , 6411415026 (2019) GAMBARAN POTENSI BAHAYA PADA HOME INDUSTRY KONVEKSI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Konveksi Permata, Kalisegoro dan Fanny). Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of GAMBARAN POTENSI BAHAYA PADA HOME INDUSTRY KONVEKSI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Konveksi Permata, Kalisegoro dan Fanny)]
Preview
PDF (GAMBARAN POTENSI BAHAYA PADA HOME INDUSTRY KONVEKSI KOTA SEMARANG (Studi Kasus di Konveksi Permata, Kalisegoro dan Fanny)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif, dengan pendekatan observasional dengan wawancara mendalam. Instrumen yang digunakan adalah panduan wawancara terstruktur dan lembar observasi. Data dianalisis dengan menggunakan tringulasi dan kajian kualitatif dalam bentuk narasi. Hasil menunjukkan bahwa potensi bahaya pada ketiga Home Industry konveksi. yaitu konveksi Permata Ngaliyan kota Semarang adalah terdapat 33 bahaya, yaitu 9 potensi bahaya di bagian pemotongan, 9 potensi bahaya di bagian bordir, 12 potensi bahaya di bagian penjahitan, serta finishing dan packing terdapat 3 potensi bahaya. Sedangkan pada konveksi Kalisegoro Ngijo Kota Semarang adalah 26 potensi bahaya yaitu 9 potensi bahaya pemotongan, 13 potensi bahaya bahaya penjahitan serta 4 potensi bahaya pada finishing dan packing, pada konveksi Fanny Ngijo Kota Semarang adalah 21 potensi bahaya yaitu 8 potensi bahaya pemotongan, 10 potensi bahaya bahaya penjahitan serta 3 potensi bahaya pada finishing dan packing Kesimpulan Potensi bahaya yang terdapat pada ketiga Home Industry Konveksi yaitu Permata, Kalisegoro dan Fanny yaitu 37 potensi bahaya mekanik, 19 potensi bahaya fisika, 10 potensi bahaya listrik, 14 potensi bahaya ergonomic, 4 potensi bahaya kimia, 2 potensi bahaya psikologis. Saran penelitian ini adalah untuk pemilik Para pekerja diharapkan memakai alat pelindung diri ketika melakukan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Potensi bahaya, Identifikasi Bahaya , Pengendalian Bahaya
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 May 2020 13:59
Last Modified: 26 May 2020 13:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36386

Actions (login required)

View Item View Item