PROFIL IDENTIFIKASI BAHAYA DAN RISIKO DITINJAU DARI BAHAYA FISIK, MEKANIK, DAN KIMIA DI CV. X TEMANGGUNG


Fitra Isna Utami , 6411415024 (2019) PROFIL IDENTIFIKASI BAHAYA DAN RISIKO DITINJAU DARI BAHAYA FISIK, MEKANIK, DAN KIMIA DI CV. X TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PROFIL IDENTIFIKASI BAHAYA DAN RISIKO DITINJAU DARI BAHAYA FISIK, MEKANIK, DAN KIMIA DI CV. X TEMANGGUNG]
Preview
PDF (PROFIL IDENTIFIKASI BAHAYA DAN RISIKO DITINJAU DARI BAHAYA FISIK, MEKANIK, DAN KIMIA DI CV. X TEMANGGUNG) - Published Version
Download (735kB) | Preview

Abstract

Angka kecelakaan kerja yang ada di Provinsi Jawa Tengah mengalami fluktuatif selama 3 tahun terkahir. Pada tahun 2016 terdapat 1903 kasus kecelakaan dan tahun 2017 mengalami penurunan menjadi 1468 kasus. Pada tahun 2018 kasus kecelakaan mengalami kenaikan menjadi 2329 kecelakaan kerja. Kabupaten Temanggung memiliki 32 perusahaan kecil hingga besar. Pabrik kayu lapis salah satunya menjadi tempat bekerja dengan resiko kecelakaan yang tidak sedikit Kasus kecelakaan kerja pada proses produksi di CV.X, pada tahun 2017 sebanyak 120 Kasus, lalu di tahun 2018 mengalami penurunan 30%, menjadi sebesar 84 kasus Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran potensi bahaya dan penilaian risiko Keselamatan dan Kesehatan Kerja di CV. X. Jenis dan rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, untuk mengambarkan potensi bahaya dan penilaian risiko. Instrumen yang digunakan adalah human instrument, lembar observasi, dan wawancara semi terstruktur menggunakan pedoman wawancara, dan penelaahan dokumen. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 5 orang. Data di analisis secara deskriptif kualitatif dengan metode content analysis (deskriptif isi) untuk menggambarkan potensi bahaya dan penilaian risiko. Hasil menunjukkan terdapat beberapa bahaya berisiko tinggi yang memerlukan perhatian khusus. Pada proses produksi terdapat bahaya fisik berupa kebisingan dan kontak panas, bahaya mekanik berupa jari terpotong, dan bahaya kimia berupa debu kayu memiliki risiko tertinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: HIRARC, K3, Manajemen Risiko
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 May 2020 13:56
Last Modified: 26 May 2020 13:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36384

Actions (login required)

View Item View Item