PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG LAYANAN KESEHATAN DI BALKESMAS WILAYAH AMBARAWA


Umy Hani Shalamah , 6411415017 (2019) PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG LAYANAN KESEHATAN DI BALKESMAS WILAYAH AMBARAWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG LAYANAN KESEHATAN DI BALKESMAS WILAYAH AMBARAWA]
Preview
PDF (PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG LAYANAN KESEHATAN DI BALKESMAS WILAYAH AMBARAWA) - Published Version
Download (973kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data kunjungan pasien Balkesmas Wilayah Ambarawa pada 3 tahun terakhir mengalami penurunan, tahun 2016 sebanyak 18.098 pasien, tahun 2017 sebanyak 17.214 pasien dan tahun 2018 yaitu 15.857 pasien. Bila dilihat dari kategori pasien lama dan baru, jumlah pasien lama tahun 2016 sebanyak 12.293 pasien, tahun 2017 sebanyak 11.601 pasien dan pada tahun 2018 sebanyak 11.161 pasien. Dalam realisasi pemasaran, minat kunjungan ulang berasal dari pasien lama yang melakukan pembelian ulang. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap minat kunjungan ulang layanan kesehatan di Balkesmas wilayah ambarawa. Jenis penelitian ini observasional analitik dengan rancangan cross sectional. Sampel yang ditetapkan adalah 100 pasien rawat jalan. Teknik pengambilan sampel secara proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan Chi Square dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara bauran pemasaran produk (p=0,000), harga (p=0,000), promosi (p=0,002), tempat (p=0,005), proses (p=0,000), bukti fisik (p=0,000) terhadap minat kunjungan ulang serta tidak ada hubungan antara bauran pemasaran orang (p=0,708) dan layanan pelanggan (p=0,088) terhadap minat kunjungan ulang layanan kesehatan di Balkesmas Wilayah Ambarawa. Saran yang diberikan adalah dalam proses manajemen pemasaran jasa penyedia layanan kesehatan harus memperhatikan dan mempertimbangan strategi pemasaran jasa salah satunya yaitu bauran pemasaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bauran Pemasaran, Minat Kunjungan Ulang, Balkesmas
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 May 2020 13:48
Last Modified: 26 May 2020 13:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36380

Actions (login required)

View Item View Item