ANALISIS PERBANDINGAN KEKUATAN STATIS PADA VARIASI DESIGN CHASSIS MOBIL WARAK TEAM MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS 16.0
Nur Arifin , 5202415049 (2019) ANALISIS PERBANDINGAN KEKUATAN STATIS PADA VARIASI DESIGN CHASSIS MOBIL WARAK TEAM MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS 16.0. Under Graduates thesis, UNNES.
Preview |
PDF (ANALISIS PERBANDINGAN KEKUATAN STATIS PADA VARIASI DESIGN CHASSIS MOBIL WARAK TEAM MENGGUNAKAN SOFTWARE ANSYS 16.0)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan rancangan chassis mobil Warak Team kategori prototype yang kuat, dan bobot ringan, serta menghasilkan perbandingan analisis kekuatan chassis mobil Warak Team kategori prototype menggunakan software ANSYS 16.0. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan bantuan software ANSYS 16.0 untuk menganalisis kekuatan chassis. Analisis kekuatan chassis yang dilakukan adalah analisis tegangan, regangan, deformasi dan faktor keamanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis statis desain baru 1 bahan aluminium alloy dengan beban 50 kg menghasilkan tegangan sebesar 293.44 MPa, regangan sebesar 4.1329e-003 mm/mm, deformasi sebesar 1.429 mm dan safety factor sebesar 0.95421 sedangkan analisis statis desain baru 2 bahan aluminium alloy dengan beban 50 kg menghasilkan tegangan sebesar 24.443 MPa, regangan sebesar 4.6045e-004 mm/mm, deformasi 0.62473 mm, dan safety factor sebesar 11.455. Untuk variasi beban 60 kg, 70 kg, 80 kg, dan 90 kg pada kedua desain menunjukkan hasil yang sebanding dengan pengujian beban 50 kg. Berdasarkan hasil penelitian dari kedua desain 1 dan desain 2 pada beban 50 kg dapat disimpulkan bahwa desain 2 lebih aman dibandingkan desain 1 dengan nilai safety factor lebih besar dibandingkan desain 1. Sedangkan nilai tegangan, regangan dan safety factor pada desain 2 lebih rendah dibandingkan desain 1. Sehingga desain 2 dipilih sebagai rancangan chassis kategori prototype Warak Team yang akan diikutkan dalam Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE).
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tegangan, regangan, deformasi, safety factor |
Subjects: | T Technology > Information and Computer |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 May 2020 13:15 |
Last Modified: | 26 May 2020 13:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36369 |
Actions (login required)
View Item |