PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI WEB PADA KOMPETENSI SISTEM AIR CONDITIONING (AC) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MAHASISWA


Danang Bayu Setyawan , 5202415042 (2019) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI WEB PADA KOMPETENSI SISTEM AIR CONDITIONING (AC) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MAHASISWA. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI WEB PADA KOMPETENSI SISTEM AIR CONDITIONING (AC) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MAHASISWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING INTERAKTIF BERBASIS APLIKASI WEB PADA KOMPETENSI SISTEM AIR CONDITIONING (AC) SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN MAHASISWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Materi sistem Air Conditioning (AC) merupakan salah satu kompetensi dasar yang wajib perlu dipahami mahasiswa di Pendidikan Teknik Otomotif. Karena cenderung waktu pembelajaran dikelas yang cukup singkat, sehingga mahasiswa tidak dapat menyerap atau memahami materi secara penuh. Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan Mobile Learning Interaktif untuk menunjang proses pembelajaran mahasiswa, dengan cara mengetahui kelayakan, kefektifan, dan tanggapan mahasiswa dan dosen terhadap produk yang dikembangkan. Model pengembangan Mobile Learning Interaktif Berbasis Web ini menggunakan pengembangan ADDIE. Model ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: 1) Analysis, 2) Design, 3) Developmen, 4) Implementation, dan 5) Evaluasi. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-Experimental Design (nondesign) dengan model eksperimen one group pretest-posttes design. Kemudian analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikansi antara pretest dan posttest, selanjutnya untuk mengukur kategori keefektifan agar diketahui peningkatan hasil belajar masuk dalam kategori rendah, sedang, atau tinggi menggunakan uji gain. Hasil Penelitan dan pengembangan ini berupa produk Mobile Learning Interaktif Berbasis Aplikasi Web yang dapat menunjang proses pembelajaran. Berdasarkan uji kelayakan produk, diperoleh dari hasil akhir sebesar 85,62% untuk ahli media dan 87,27% untuk ahli materi, sehingga dapat dinyatakan bahwa produk ini memenuhi kategori “sangat layak” untuk digunakan dalam pembelajaran. Mobile Learning Interaktif efektif digunakan untuk proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat dari nilai Uji-t diperoleh thitung = 10,78 sedangkan ttabel (0,975)(19) = 2,09 pada  = 5% dengan dk = 20-1 = 19, sehingga dapat disimpulkan terjadi peningkatan nilai hasil mahasiswa antara nilai pretest dan posttest dengan menggunakan media yang dikembangkan. Kriteria pengaruh peningkatan hasil belajar mahasiswa diperoleh melalui hasil rata-rata uji gain = 0,65 sehingga masuk kriteria peningkatan hasil belajar “sedang”. Analisis tanggapan mahasiwa dan dosen terhadap produk pengembangan ini sebesar 86% untuk tanggapan mahasiswa dan 90% untuk tanggapan dosen sistem AC, sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Mobile Learning Interaktif berbasis Aplikasi Web disimpulkan dapat menunjang proses pembelajaran sistem AC.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: ADDIE, Air Conditioning, Mobile Learning Interaktif, Penunjang
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > Information and Computer
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2020 13:01
Last Modified: 26 May 2020 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36365

Actions (login required)

View Item View Item