IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA PADA PEKERJAAN KETINGGIAN DI PROYEK REVITALISASI PTPN IX PABRIK GULA MOJO SRAGEN OLEH PT. ADHI KARYA (PERSERO) TBK.


Mohammad Aditiyo Nugroho , 6411414159 (2019) IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA PADA PEKERJAAN KETINGGIAN DI PROYEK REVITALISASI PTPN IX PABRIK GULA MOJO SRAGEN OLEH PT. ADHI KARYA (PERSERO) TBK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA PADA PEKERJAAN KETINGGIAN DI PROYEK REVITALISASI PTPN IX PABRIK GULA MOJO SRAGEN OLEH PT. ADHI KARYA (PERSERO) TBK.]
Preview
PDF (IDENTIFIKASI POTENSI BAHAYA PADA PEKERJAAN KETINGGIAN DI PROYEK REVITALISASI PTPN IX PABRIK GULA MOJO SRAGEN OLEH PT. ADHI KARYA (PERSERO) TBK.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan data International Labour Organization (ILO), diperkirakan secara global terjadi 60.000 kecelakaan kerja fatal per tahunnya. Sekitar 1 dari 6 kecelakaan fatal yang dilaporkan, terjadi pada sektor konstruksi. Sebagai upaya pengendalian risiko kecelakaan kerja, perlu diidentifikasi sumber bahaya yang ada serta dilakukan pengendalian yang memadai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi bahaya pekerjaan di ketinggian pada proyek revitalisasi PTPN IX Pabrik Gula Mojo Sragen oleh PT. Adhi Karya Semarang Tbk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Informan berjumlah 3 orang. Instrumen penelitian utama adalah peneliti. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa potensi bahaya yang terdapat pada proses pekerjaan ketinggian di proyek meliputi: terjatuh dari ketinggian, kejatuhan atau tertimpa material kerja, pekerja tergores besi, bising, tangan tertusuk kawat, tangan terpotong, tangan dan kaki terjepit besi, tangan tertusuk paku, pekerja terbentur material kerja, terpleset, terkena percikan api. Saran yang direkomendasikan peneliti adalah dalam mengidentifikasi potensi bahaya dengan menggunakan analisis keselamatan kerja Job Safety Analysis harus lebih detail dalam setiap proses pekerjaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Pekerjaan Ketinggian, Potensi Bahaya
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 26 May 2020 13:05
Last Modified: 26 May 2020 13:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36364

Actions (login required)

View Item View Item