PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM SUSPENSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA SMK NEGERI JAWA TENGAH DI SEMARANG


Dany Firmansyah Putra , 5202415013 (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM SUSPENSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA SMK NEGERI JAWA TENGAH DI SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM SUSPENSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA SMK NEGERI JAWA TENGAH DI SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN E-MODUL SISTEM SUSPENSI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA SMK NEGERI JAWA TENGAH DI SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan di dalam kelas dengan beberapa peserta didik pada jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri Jawa Tengah, bahwa dalam proses pebelajaran sistem chasis selama ini, menggunakan bahan ajar dan power point dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik merasa jenuh dan kurang termotivasi saat proses belajarnya. Siswa SMK Negeri Jawa Tengah biasanya sering mengalami kantuk jika pembelajaran terasa monoton di dalam kelas. Mengingat kegiatan siswa SMK Negeri Jawa Tengah sangat padat. Bahan ajar hanya terbatas pada tampilan materi dan gambar saja. Bahan ajar belum bisa menampilkan audio, animasi dan video untuk pembelajaran. Hal ini berpengaruh terhadap daya tangkap dan motivasi siswa dalam memahami materi yang disampaikan oleh seorang guru. Model pengembangan media pembelajarn dalam bentuk E-modul ini menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil pengembangan media e-modul yang dibuat mampu digunakan untuk proses pembelajaran dan mampu meningkatkan prestasi peserta didik dan telah dilakukan uji coba dan validasi dari para ahli materi dan ahli media. Hasil penelitian dan pembahasan E-modul sistem suspensi yang telah dilakukan di SMK Negeri Jawa Tengah, dapat disimpulkan bahwa: Penggunaan E-modul Sistem Suspensi memberikan pengaruh terhadap prestasi peserta didik di SMK Negeri Jawa Tengah. Peningkatan prestasi siswa bisa di lihat dari hasil pretest dan posttest yang telah dilakukan. Hasil selisih nilai rata-rata pretest dan posttest termasuk signifikan sebesar 38,5 dan peningkatan uji N-Gain sebesar 0,77 yang termasuk angka tinggi. E-modul Sistem Suspensi mendapatkan tingkat kelayakan sebesar 85,41% dari ahli materi dan 80% dari ahli media. E-modul system suspensi yang telah dibuat masuk dalam kategoori “Sangat Layak”. Sehingga dapat digunakan untuk proses pembelajaran di SMK Negeri Jawa Tengah. Respon peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis E- modul sistem suspense “Sangat Baik”. Penilain yang diberikan dari siswa terhadap E-modul system suspensi sebesar 92,91%. Sehingga E-modul ini dapat digunakan untuk proses pembelajaran, sehingga mampu meningkatkan motivasi dan prestasi siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, suspensi, ADDIE, prestasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2020 12:09
Last Modified: 26 May 2020 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36359

Actions (login required)

View Item View Item