PENGARUH VARIASI SUDUT PUTAR INTAKE MANIFOLD MATERIAL STAINLESS STEEL TERHADAP TORSI, DAYA, DAN EMISI GAS BUANG HONDA KARISMA X 125D


Revian Al Giffari , 5202415012 (2019) PENGARUH VARIASI SUDUT PUTAR INTAKE MANIFOLD MATERIAL STAINLESS STEEL TERHADAP TORSI, DAYA, DAN EMISI GAS BUANG HONDA KARISMA X 125D. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH VARIASI SUDUT PUTAR INTAKE MANIFOLD MATERIAL STAINLESS STEEL TERHADAP TORSI, DAYA, DAN EMISI GAS BUANG HONDA KARISMA X 125D]
Preview
PDF (PENGARUH VARIASI SUDUT PUTAR INTAKE MANIFOLD MATERIAL STAINLESS STEEL TERHADAP TORSI, DAYA, DAN EMISI GAS BUANG HONDA KARISMA X 125D) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perancangan bentuk intake manifold dengan material berbeda diharapkan dapat mempermudah dalam pembentukan sudut putar intake manifold dan membuat campuran udara dan bahan bakar menjadi homogen untuk proses pembakaran lebih sempurna, sehingga menghasilkan performa yang baik dan mengurangi kadar emisi gas buang sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi sudut putar intake manifold material stainless steel terhadap performa mesin berupa torsi dan daya, selanjutnya terhadap emisi gas buang berupa carbon monoxide (CO) dan hydrocarbon (HC). Penelitian ini menggunakan desain penelitian berupa desain eksperimen true experimental design dengan bentuk posttest-only control design dan menggunakan metode analisis data statistik deskriptif dari hasil data pengujian torsi, daya, dan emisi gas buang CO dan HC. Penelitian ini menggunakan variasi sudut putar intake manifold meliputi kelompok standar (85o), variasi 1 (105o), dan variasi 2 (125o). Penggunaan intake manifold kelompok standar yaitu 85o menghasilkan nilai torsi tertinggi yaitu 11.20 N.m pada putaran mesin 3500 rpm dan menghasilkan nilai daya tertinggi yaitu 6.74 kW pada putaran mesin 7000 rpm, penggunaan intake manifold kelompok variasi 2 (125o) menghasilkan nilai CO terendah yaitu 1.79%Vol dengan penurunan emisi gas buang CO mencapai 35.75% dan nilai HC terendah yaitu 2246 ppm dengan penurunan emisi gas buang HC mencapai 23.15% dibandingkan penggunaan intake manifold kelompok standar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: sudut putar, intake manifold, torsi, daya, emisi
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2020 12:00
Last Modified: 26 May 2020 12:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36358

Actions (login required)

View Item View Item