EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNIK LINGKUNGAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNNES


Aghi Vaiz Zakaria , 5101415012 (2019) EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNIK LINGKUNGAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNIK LINGKUNGAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNNES]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEKNIK LINGKUNGAN JURUSAN TEKNIK SIPIL FAKULTAS TEKNIK UNNES) - Published Version
Download (998kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektivitas media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash pada mata kuliah Teknik Lingkungan jurusan Teknik Sipil fakultas Teknik UNNES, (2) perbedaan prestasi belajar mahasiswa antara rombel yang menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash dengan rombel yang menggunakan media pembelajaran konvensional pada mata kuliah Teknik Lingkungan jurusan Teknik Sipil fakultas Teknik UNNES. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode true experimental dengan model pretest-posttest control group design dengan satu macam perlakuan. Penelitian ini dilaksanakan pada dua kelas pembanding, sehingga dapat mengetahui perbandingan ketika menggunakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang sedang menempuh mata kuliah Teknik Lingkungan pada semester genap tahun ajaran 2019. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penggunaan media pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash terbukti lebih efektif digunakan pada mata kuliah Teknik Lingkungan yaitu dengan terbuktinya hasil belajar rombel eksperimen yang lebih besar dibandingkan dengan rombel kontrol. (2) hasil uji perbedaan dua rata-rata model pembelajaran berbasis multimedia interaktif memperoleh nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05 pada output uji paired samples t test dengan taraf 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya model pembelajaran berbasis multimedia menggunakan Adobe Flash efektif diterapkan pada mata kuliah Teknik Lingkungan. Selain itu, rata-rata nilai pre test adalah 68,8 dan rata-rata nilai post test adalah 84,7. Sehingga terdapat kenaikan sebanyak 15,9%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, Multimedia, Adobe Flash, Teknik Lingkungan, Hasil Belajar
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 May 2020 16:55
Last Modified: 22 May 2020 16:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36355

Actions (login required)

View Item View Item