EMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN PEKERJAAN JALAN (TP3JL) KD1-KD4 KELAS XI DI SMK NEGERI 7 SEMARANG


Muchamad Choerol Mustajib , 5101415011 (2019) EMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN PEKERJAAN JALAN (TP3JL) KD1-KD4 KELAS XI DI SMK NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN PEKERJAAN JALAN (TP3JL) KD1-KD4 KELAS XI DI SMK NEGERI 7 SEMARANG]
Preview
PDF (EMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI BERBASIS ANDROID PADA MATA PELAJARAN TEKNIK PELAKSANAAN DAN PENGAWASAN PEKERJAAN JALAN (TP3JL) KD1-KD4 KELAS XI DI SMK NEGERI 7 SEMARANG) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Mata Pelajaran Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan jalan (TP3JL) merupakan salah satu mata pelajaran pada kompetensi keahlian Teknik Konstruksi Jalan Irigasi dan Jembatan (TKJIJ) yang harus ditempuh dan diselesaikan oleh siswa mulai dari kelas XI semester gasal. Mata pelajaran dan kompetensi keahlian tersebut lahir setelah adanya perubahan kurikulum tiga belas dengan spektrum baru tahun revitalisasi 2016 sebagai wujud penyesuaian tuntutan perkembangan, ilmu pengetahuan dan teknologi. Pembuatan media pembelajaran ini dimaksudkan sebagai wujud penyesuaian perubahan spektrum tersebut serta sebagai alternatif siswa dalam menunjang pembelajaran secara mandiri. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelayakan media pembelajaran menurut ahli materi maupun ahli media serta pendapat siswa TKJIJ yang telah mendapatkan mata pelajaran terkait terhadap kebermanfaatan dari pembuatan media pembelajaran ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dan hasil akhir dari penelitian ini adalah berupa produk aplikasi berbasis android mata pelajaran TP3JL kompetensi dasar 1 – kompetensi dasar 4 kelas XI. Hasil penelitian ahli materi terhadap media pembelajaran ini menyatakan penilaiannya dengan presentase akhir sebesar 83,75% kategori layak, serta ahli media menyatakan penilaiannya dengan presentase akhir sebesar 86,88% kategori sangat layak. Hasil penelitian persepsi atau pendapat siswa terhadap media pembelajaran ini didapat nilai rata-rata dengan presentase akhir sebesar 80,41% kategori bermanfaat. Berdasarkan hasil penelitian yang telah terlaksana didapat hasil kesimpul bahwa media pembelajaran ini dapat digunakan dengan kategori layak hingga sangat layak sebagai penunjang siswa dalam belajar mandiri diluar kelas ataupun sebagai pendamping media pembelajaran yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Media Pembelaran Android, Mata Pelajaran Teknik Pelaksanaan dan Pengawasan Pekerjaan Jalan Kelas XI Semester Ganjil, SMK.
Subjects: T Technology > TH Building construction
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 May 2020 16:50
Last Modified: 22 May 2020 16:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36354

Actions (login required)

View Item View Item