ISOLASI, KARAKTERISASI, DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DARI BAKTERI ENDOFIT DAUN KELOR (Moringa oleifera)


Nadya Audina Nurkhafiya Sadikin , 4411415062 (2019) ISOLASI, KARAKTERISASI, DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DARI BAKTERI ENDOFIT DAUN KELOR (Moringa oleifera). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ISOLASI, KARAKTERISASI, DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DARI BAKTERI ENDOFIT DAUN KELOR (Moringa oleifera)]
Preview
PDF (ISOLASI, KARAKTERISASI, DAN UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI DARI BAKTERI ENDOFIT DAUN KELOR (Moringa oleifera)) - Published Version
Download (799kB) | Preview

Abstract

Bakteri endofit merupakan mikroorganisme menguntungkan yang berinteraksi dengan tanaman inang tanpa menyebabkan gangguan atau kerusakan pada tanaman tersebut. Kelor (Moringa oleifera) merupakan tanaman obat yang mengandung metabolit sekunder dan berkhasiat sebagai antibakteri. Tujuan penelitian ini adalah mengisolasi dan mengkarakterisasi bakteri endofit dari daun kelor, serta menguji aktivitas antibakteri terhadap bakteri patogen (Escherichia coli dan Bacillus subtilis). Berdasarkan hasil uji katalase, pewarnaan gram dan pengamatan spora, bakteri endofit daun kelor termasuk ke dalam genus Bacillus. Uji antibakteri dimulai dengan produksi metabolit sekunder bakteri endofit daun kelor, pengukuran laju pertumbuhan bakteri dan uji aktivitas antibakteri menggunakan metode Kirby-Bauer dengan paper disk. Data hasil pengamatan dianalisis statistik menggunakan ANOVA dan uji lanjut dengan Duncan (sig < 0.05). Hasil uji aktivitas antibakteri menunjukkan bahwa metabolit sekunder bakteri endofit yang dihasilkan pada fase stasioner berpengaruh terhadap pertumbuhan bakteri Escherichia coli dan Bacillus subtilis. Metabolit sekunder bakteri endofit yang dihasilkan pada jam ke- 10 menunjukkan diameter zona hambat tertinggi berturut-turut sebesar 7.5 mm terhadap bakteri Escherichia coli dan 1.8 mm terhadap Bacillus subtilis. Terbentuknya zona hambat mengindikasikan adanya senyawa metabolit sekunder dari bakteri endofit daun kelor yang memiliki efek antibakteri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: antibakteri, bakteri endofit, Moringa oleifera (kelor).
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 22 May 2020 16:39
Last Modified: 22 May 2020 16:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36352

Actions (login required)

View Item View Item