PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMP ALAM AR-RIDHO SEMARANG


Firdaus Akmal, 3601415027 (2020) PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMP ALAM AR-RIDHO SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMP ALAM AR-RIDHO SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMP ALAM AR-RIDHO SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kewirausahaan memiliki peran sentral dalam kehidupan dan pembangunan suatu bangsa. Salah satu indikator maju tidaknya suatu negara dapat dilihat dari jumlah wirausahawannya. Jumlah wirausahawan di Indonesia saat ini baru mencapai dua persen dari total penduduk, sedangkan idealnya adalah empat persen. Salah satu tantangan pendidikan nasional dewasa ini adalah bagaimana melahirkan manusia–manusia entrepreneur dari lembaga–lembaga pendidikannya, baik formal maupun non formal. SMP Alam Ar–Ridho Semarang merupakan sekolah yang sudah memasukkan pendidikan kewirausahaan di dalam kurikulum sekolahnya. Kurikulum SMP Alam Ar–Ridho Semarang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik di masa yang akan datang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap bagaimana penerapan pendidikan kewirausahaan pada siswa SMP Alam Ar–Ridho Semarang; bagaimana minat berwirausaha siswa SMP Alam ArRidho Semarang; dan bagaimana pengaruh pendidikan kewirausahaan terhadap munculnya minat berwirausaha siswa SMP Alam Ar–Ridho Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan desain penelitian Expost Facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Alam Ar–Ridho Semarang sejumlah 99 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling. Probability sampling yang dipilih adalah simple random sampling. Peneliti menggunakan rumus Suharsimi Arikunto dalam penentuan proporsi sampel yang diambil. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui metode kuesioner (angket). Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata–rata Pendidikan Kewirausahaan SMP Alam Ar–Ridho Semarang sebesar 61,2 terletak pada interval 55–66, artinya pada kategori tinggi, sedangkan nilai rata–rata Minat Berwirausaha siswa SMP Alam Ar– Ridho Semarang sebesar 96,8 terletak pada interval 87–105, artinya pada kategori tinggi. Nilai Konstanta adalah sebesar 16,803 mengandung arti bahwa jika penerapan Pendidikan Kewirausahaan sama dengan nol, maka nilai konsisten variabel minat berwirausaha adalah sebesar 16,803. Koefisien variabel X sebesar 1,307, artinya setiap kenaikan 1% variabel penerapan Pendidikan Kewirausahaan, maka minat berwirausaha mengalami kenaikan sebesar 1,307. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif. Sementara nilai t hitung > t tabel (9,195 > 2,000) dan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh terhadap Minat Berwirausaha siswa SMP Alam Ar–Ridho Semarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Minat Berwirausaha
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 20 May 2020 15:11
Last Modified: 20 May 2020 15:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36344

Actions (login required)

View Item View Item