PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP ISLAM AL AZHAR 29 SEMARANG


Adila Bunga Mewangi , 3601415035 (2019) PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP ISLAM AL AZHAR 29 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP ISLAM AL AZHAR 29 SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN IPS PADA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP ISLAM AL AZHAR 29 SEMARANG) - Published Version
Download (736kB) | Preview

Abstract

Seiring perkembangan zaman, penggunaan internet untuk keperluan pembelajaran dan literasi semakin meluas. Hal ini mengindikasikan adanya perubahan pada pola pembelajaran di kelas sehingga memengaruhi habitus peserta didik, salah satunya pada aspek keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi digital terhadap keterampilan sosial dalam pembelajaran IPS pada peserta didik kelas IX SMP Islam Al Azhar 29 Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan ex post facto. Sampel yang digunakan sebanyak 37 peserta didik kelas IX SMP Islam Al Azhar 29 Semarang yang dipilih menggunakan metode random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan observasi. Untuk menguji keabsahan data maka dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Kemudian pada analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif literasi digital terhadap keterampilan sosial peserta didik kelas IX dalam pembelajaran IPS di SMP Islam Al Azhar 29 Semarang, yang ditunjukkan dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,652, nilai koefisien determinasi sebesar 0,426 dengan nilai persamaan regresi ̂=26,824+0,707X. Pengaruh literasi digital terhadap keterampilan sosial peserta didik dapat dilihat pada penerimaan anggota kelompok, mendengarkan ketika peserta didik lain berbicara, pemberian apresiasi, keberanian meminta bantuan kepada guru, memahami instruksi dan penjelasan dari guru, kemampuan membuat kesimpulan, menyelesaikan tugas tepat waktu, dan menyanggah pertanyaan maupun pernyataan yang tidak sesuai dengan topik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Literasi Digital; Keterampilan Sosial; Pembelajaran IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: mahargjo hapsoro adi
Date Deposited: 20 May 2020 14:59
Last Modified: 20 May 2020 14:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36342

Actions (login required)

View Item View Item