PENGARUH KEDALAMAN TAKIK ULIR WHITWORTH TERHADAP KEKUATAN LELAH PUNTIR DINAMIS PADA BAJA AISI 1010


A Hasan Atho’ullah , 5201414065 (2019) PENGARUH KEDALAMAN TAKIK ULIR WHITWORTH TERHADAP KEKUATAN LELAH PUNTIR DINAMIS PADA BAJA AISI 1010. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH KEDALAMAN TAKIK ULIR WHITWORTH TERHADAP KEKUATAN LELAH PUNTIR DINAMIS PADA BAJA AISI 1010]
Preview
PDF (PENGARUH KEDALAMAN TAKIK ULIR WHITWORTH TERHADAP KEKUATAN LELAH PUNTIR DINAMIS PADA BAJA AISI 1010) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Fenomena kegagalan lelah sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kedalaman takik ulir whitworth terhadap kekuatan lelah pada baja AISI 1010. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan teknik analisis deskriptif, yang bertujuan untuk mengetahui sebab dan akibat yang muncul dari perlakuan yang diberikan. Perlakuan yang diberikan dalam penelitian adalah kedalaman takik ulir whitworth sedalam 0.67 mm. 0.81 mm, 0.9 mm dan 1.16 mm. Kemudian dilakukan uji komposisi kimia raw materials, foto mikro raw materials, pengujian puntir dinamis dan foto makro. Hasil pengujian komposisi kimia didapat kandungan carbon sebesar 0.12%. Pada pengamatan struktur mikro, terdapat dua fasa utama, yaitu ferrit dan perlit dimana ferrit lebih dominan.. Hasil pengujian puntir menunjukkan bahwa kedalamn ulir 0.67 mm memiliki kekautan lelah tertinggi sebesar 21.986 siklus dan kedalaman takik ulir 1.16 mm memiliki kekuatan lelah terendah sebesar 6.037 siklus. Pengamatan makro pada bentuk penampang menunjukan bahwa semua penampang mengalami patahan lelah yang ditandai dengan adanya patah awal, beachmarks dan patah akhir. Simpulan dari penelitian ini adalah kedalaman takik ulir whitworth berpengaruh terhadap kekuatan lelah pada baja AISI 1010 dan bentuk penampang patah keseleuruhan spesimen sama dengan menunjukkan patah lelah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ulir Whitworth, Puntir Dinamis, Struktur Mikro, Patah Lelah
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 19 May 2020 13:45
Last Modified: 19 May 2020 13:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36339

Actions (login required)

View Item View Item