ESTIMASI STOK KARBON MANGROVE DI KELURAHAN TRIMULYO KOTA SEMARANG SEBAGAI UPAYA KONSERVASI MANGROVE


Arterio Furqon Hadidi , 4411414010 (2019) ESTIMASI STOK KARBON MANGROVE DI KELURAHAN TRIMULYO KOTA SEMARANG SEBAGAI UPAYA KONSERVASI MANGROVE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ESTIMASI STOK KARBON MANGROVE DI KELURAHAN TRIMULYO KOTA SEMARANG SEBAGAI UPAYA KONSERVASI MANGROVE]
Preview
PDF (ESTIMASI STOK KARBON MANGROVE DI KELURAHAN TRIMULYO KOTA SEMARANG SEBAGAI UPAYA KONSERVASI MANGROVE) - Published Version
Download (690kB) | Preview

Abstract

Kemajuan pembangunan yang terjadi di Kota Semarang memberikan dampak meningkatnya aktifitas perekonomian masyarakat. Hal ini berimbas pada kenaikan emisi karbon diudara terjadi karena penggunaan bahan bakar fosil. Salah satu upaya dalam mengurangi emisi karbon adalah dengan cara melakukan reboisasi. Kota Semarang memiliki 19.541 Ha ruang terbuka hijau dari 37.303,9 Ha keseluruhan luas kota atau mencapai 52,31 %. Namun luas ekosistem mangrove di Kota Semarang hanya 68,13 Ha. Padahal ekosistem mangrove memiliki kemampuan yang lebih tinggi dalam menyerap karbon dibanding ekosistem lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi stok karbon yang tersimpan pada biomassa mangrove dan mengetahui spesies mangrove yang memiliki kemampuan terbaik dalam menyimpan karbon. Lokasi penelitian seluas 27 ha diambil sampling 4 stasiun. Penentuan stasiun dilakukan dengan metode purposive, yaitu secara sengaja dengan mempertimbangkan dan memperhatikan daerah tumbuh mangrove. Metode yang digunakan adalah Non Destructif Sampling (NDS) dengan menggunkan rumus allometrik yang sudah diketahui. Bila ditemukan spesies yang belum tersedia rumus allomatriknya, maka digunakan rumus umum biomassa pohon. Hasil estimasi stok karbon pada stasiun 1 sebesar 23,05 ton/ha ,stasiun 2 sebesar 44,45 ton/ha, stasiun 3 sebesar 34,44 ton/ha dan stasiun 4 sebesar 42,07 ton/ha. Perbedaan stok karbon disetiap stasiun disebabkan oleh perbedaan densitas mangrove, ukuran mangrove dan jenis mangrove. Rata-rata setiap individu Sonneratia casiolaris memiliki nilai stok karbon sebesar 50,66 ton/ha, Avicennia marina 15,81 ton/ha, Avicennia alba 8,63 ton/ha, Rhizophora mucronata 8,30 ton/ha. Dari hasil penelitian disimpulkan nilai stok karbon mangrove di ekosistem mangrove Trimulyo sebesar 36,00 ton/ha. Spesies dengan kemampuan tertinggi dalam menyimpan karbon dari yang paling tinggi adalah Sonneratia casiolaris. Untuk melihat potensi total dari suatu kawasan dalam menyimpan karbon alangkah baiknya juga dilakukan estimasi stok karbon bagian bawah, stok karbon serasah dan stok karbon tanah. Untuk mendapatkan hasil yang optimal perlu menggunakan peralatan yang lebih canggih seperti phiband untuk mengukur diameter batang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: emisi karbo
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2020 15:12
Last Modified: 15 May 2020 15:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36333

Actions (login required)

View Item View Item