PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH TAPIOKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN JAGUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR


Desy Fajar Faricea, 4401414091 (2020) PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH TAPIOKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN JAGUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH TAPIOKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN JAGUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR]
Preview
PDF (PEMBUATAN PUPUK ORGANIK CAIR DARI LIMBAH TAPIOKA DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERTUMBUHAN JAGUNG SEBAGAI SUMBER BELAJAR) - Published Version
Download (692kB) | Preview

Abstract

Sumber belajar merupakan segala sesuatu yang dapat memberikan kemudahan kepada peserta didik dalam memperoleh sejumlah informasi, pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam proses belajar mengajar. Sumber belajar dapat berasal dari contoh sehari-hari dan pemecahan masalah dilingkungan sekitar. Salah satu masalah yang ada di lingkungan adalah pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah cair dari industri tapioka. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan booklet berdasarkan hasil penelitian tentang pembuatan pupuk organik cair dari limbah tapioka dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan jagung sebagai sumber belajar. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D). Tahapan penelitian R&D melalui beberapa tahap. Diantaranya yaitu tahap pengumpulan data dengan melakukan penelitian tentang pembuatan pupuk organik cair dari limbah tapioka dan pengaruhnya untuk pertumbuhan jagung. Penelitian dilakukan secara eksperimental dengan rancangan acak lengkap (RAL), faktor yang diuji adalah konsentrasi pupuk organik cair yang terdiri dari 6 perlakuan (konsentrasi 0%, 5%, 10%, 15%, 20% dan 25%). Parameter pertumbuhan yang diamati yaitu tinggi tanaman, jumlah daun, panjang daun, lebar daun dan berat basah tanaman. Analisis data pertumbuhan jagung yang digunakan adalah Anova satu arah menggunakan SPSS. Selanjutnya tahap validasi oleh ahli materi, media, guru dan siswa menggunakan lembar validasi penilaian kelayakan buku yang diadaptasi dari BSNP 2014 meliputi empat komponen kelayakan yaitu penyajian isi, isi materi, kebahasaan dan kegrafikan. Analisis hasil penelitian yang dilakukan ahli materi, ahli media dan guru terhadap booklet memperoleh hasil dalam kategori sangat layak pada komponen penyajian isi, isi materi, kebahasaan dan kegrafikan. Selain itu juga dilakukan uji skala kecil oleh siswa dengan mengisi uji rumpang dan lembar tanggapan penilaian. Hasil uji rumpang dan lembar tanggapan penilaian mendapatkan hasil dalam kategori tinggi sebesar 85,33% dan 82,46%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa booklet tentang pembuatan pupuk organik cair dari limbah tapioka dan pengaruhnya terhadap pertumbuhan jagung layak digunakan sebagai sumber belajar untuk siswa. Booklet tersebut dapat digunakan sebagai suplemen sumber belajar pada materi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan yang bersifat kontekstual sebagai pendukung sumber belajar utama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: POC tapioka, pertumbuhan jagung, booklet, sumber belajar
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 15 May 2020 14:54
Last Modified: 15 Oct 2020 08:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36330

Actions (login required)

View Item View Item