PENGEMBANGAN JOB SHEET BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR MERAWAT SECARA BERKALA DAN MEMPERBAIKI SISTEM PENGISIAN


Gun Irmansyah , 5202415010 (2019) PENGEMBANGAN JOB SHEET BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR MERAWAT SECARA BERKALA DAN MEMPERBAIKI SISTEM PENGISIAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN JOB SHEET BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR MERAWAT SECARA BERKALA DAN MEMPERBAIKI SISTEM PENGISIAN]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN JOB SHEET BERBASIS SCIENTIFIC LEARNING PADA KOMPETENSI DASAR MERAWAT SECARA BERKALA DAN MEMPERBAIKI SISTEM PENGISIAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan job sheet yang sesuai dengan struktur Direktorat Pembinaan SMK, mengetahui tingkat kelayakan job sheet berbasis scientific learning serta mengetahui hasil belajar peserta didik setelah menggunakan job sheet berbasis scientific learning. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari tahap Define, Design, Develop dan Disseminate. Subjek penelitian ini terdiri dari dua validator ahli materi, 2 validator ahli media serta 33 peserta didik kelas XI jurusan TKR SMK Negeri 3 Kendal. Instrumen pengumpul data yang digunakan terdiri dari angket uji kelayakan materi dan media serta lembar penilaian observasi dan portofolio. Adapun hasil dari penelitian adalah struktur job sheet yang dikembangkan terdiri atas sampul, prakata, daftar isi, judul kegiatan belajar, tujuan pembelajaran, alat dan bahan, keselamatan dan kesehatan kerja (K3), langkah kerja, kesimpulan, soal latihan, lembar penilaian observasi dan portofolio, hasil penilaian, format laporan praktik serta daftar pustaka. Hasil uji kelayakan job sheet berbasis scientific learning memperoleh skor rata-rata ahli materi 3,61 dengan kategori sangat layak dan skor rata-rata ahli media 3,57 dengan kategori sangat layak. Hasil belajar peserta didik setelah menggunakan job sheet berbasis scientific learning pada penilaian observasi rata-rata 77, pada penilaian portofolio rata-rata 79 sehingga rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 78.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Job sheet, Scientific Learning, Sistem Pengisian.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 May 2020 14:39
Last Modified: 15 May 2020 14:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36328

Actions (login required)

View Item View Item