ANALISIS PENGARUH PERBANDINGAN CAMPURAN THINNER DENGAN VARNISH TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN


Mutiara Cesyantikha , 5202415007 (2019) ANALISIS PENGARUH PERBANDINGAN CAMPURAN THINNER DENGAN VARNISH TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of ANALISIS PENGARUH PERBANDINGAN CAMPURAN THINNER DENGAN VARNISH TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN]
Preview
PDF (ANALISIS PENGARUH PERBANDINGAN CAMPURAN THINNER DENGAN VARNISH TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAN) - Published Version
Download (967kB) | Preview

Abstract

Varnish merupakan lapisan yang berfungsi untuk melindungi dan memperindah warna bodi kendaraan. Varnish perlu dicampurkan dengan thinner, dalam proses pencampurannya perlu memperhatikan perbandingan yang dilakukan, namun belum ada teori mengenai berapa perbandingan yang harus dilakukan untuk menghasilkan kualitas lapisan yang paling baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh perbandingan campuran thinner dengan varnish terhadap nilai ketebalan, kekilauan, dan varnish daya lekat lapisan. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan terbaik yang diperlukan untuk menghasilkan kualitas lapisan varnish yang baik. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen. Penelitian ini akan melakukan variasi perbandingan campuran thinner dan varnish yaitu 1:0,25, 1:0,75 dan 1:1,25 pada plat, kemudian spesimen yang sudah jadi akan diuji ketebalan, kekilauan dan daya lekatnya. Data hasil penelitian yang diperoleh kemudian ditampilkan dalam tabel dan grafik, selanjutnya dideskripsikan dan dianalisis dengan kalimat sederhana yang mudah dipahami oleh pembaca. Penelitian ini menggunakan tiga variasi perbandingan pada satu merek varnish yaitu Propan. Nilai ketebalan pada campuran thinner dengan varnish rasio 1:0,25 adalah 31,5 μm, sedangkan pada rasio 1:0,75 menjadi 17,2 μm dan pada rasio 1:1,25 sebesar 43 μm. Nilai kekilauan pada rasio 1:0,25 adalah 67,65 GU, pada rasio 1:0,75 sebesar 76,15 GU dan pada rasio 1:1,25 sebesar 78,7 GU atau nilai yang paling besar dari semua rasio. Nilai daya lekat pada semua rasio sama yaitu 4B. Berdasarkan hasil pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa rasio campuran thinner dan varnish yang paling baik adalah 1:1,25.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perbandingan, thinner, varnish, ketebalan, kekilauan, daya lekat
Subjects: T Technology > TP Chemical technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 May 2020 14:32
Last Modified: 15 May 2020 14:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36327

Actions (login required)

View Item View Item