PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 4 KENDAL PADA KOMPETENSI DASAR KOPLING DAN TRANSMISI MANUAL


Dewi Nur Muslimah, 5202415006 (2019) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 4 KENDAL PADA KOMPETENSI DASAR KOPLING DAN TRANSMISI MANUAL. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 4 KENDAL PADA KOMPETENSI DASAR KOPLING DAN TRANSMISI MANUAL]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 4 KENDAL PADA KOMPETENSI DASAR KOPLING DAN TRANSMISI MANUAL) - Published Version
Download (841kB) | Preview

Abstract

Sistem kopling dan transmisi manual adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SMK N 4 Kendal. Transmisi dikenal memiliki komponen dan cara kerja yang cukup rumit dibanding dengan sistem pemindah daya yang lain, sehingga cenderung lebih sulit untuk dipahami oleh siswa, salah satunya karena kurangnya sumber belajar yang lebih variatif dan inovatif, kemudian karena kurang tepatnya penggunaan metode pembelajaran, yang menyebabkan siswa mengantuk dalam proses pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan rata-rata nilai siswa pada materi kopling dan transmisi manul dibawah standar KKM. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul untuk meningkatkan hasil belajar siswa, serta mengetahui kelayakan terhadap e-modul berbasis discovery learning yang dikembangkan. Model pengembangan E-modul ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan model Four D. Model ini terdiri dari empat tahap yakni, 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre Experimental Design dengan model eksperimental one group pretest posttest design. Jenis data yang dihasilkan adalah data kuantitatif. Analisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan signifikan antara pretest dan posttest. Selanjutnya uji N-gain untuk mengetahui seberapa besar peningkatakan hasil belajar siswa. Hasil penelitian dan pengembangan berupa E-modul berbasis discovery learning yang dapat membantu siswa dalam memahami materi kopling dan transmisi manual. E-modul berbasis discovery learning berisikan video, audio, gambar, serta animasi. Berdasarkan hasil penelitian, e-modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan selisih nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 32,5. Uji-t menunjukkan nilai thitung = 17,57 > ttabel = 2,04. Peningkatan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata uji N-gain = 0,54 dengan kriteria peningkatan sedang. Berdasarkan hasil uji kelayakan produk didapatkan hasil sebesar 84,2% untuk penilaian media, sehingga dapat dikategorikan produk sangat layak, dan 78% untuk penilaian materi, sehingga dapat dikategorikan produk dalam keadaan layak. Analisis tanggapan siswa terhadap e-modul sebesar 86% dan 92% untuk tanggapan guru terhadap e-modul, sehingga dapat dikategorikan e-modul sangat baik serta dapat membantu siswa dalam memahami materi kopling dan transmisi manual

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Four D, E-modul, Discovery learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 May 2020 14:24
Last Modified: 15 May 2020 14:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36326

Actions (login required)

View Item View Item