PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM STARTER KONVENSIONAL BERBASIS AUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK


Dani Susanto , 5202415003 (2019) PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM STARTER KONVENSIONAL BERBASIS AUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM STARTER KONVENSIONAL BERBASIS AUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK]
Preview
PDF (PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM STARTER KONVENSIONAL BERBASIS AUDIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK) - Published Version
Download (907kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan alat peraga yang dibuat dan perbedaan hasil belajar peserta didik dalam mempelajari kompetensi dasar menerapkan cara perawatan sistem starter setelah menggunakan alat peraga sistem starter konvensional berbasis audio. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI TKR SMK N 3 Kendal tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 104 peserta didik. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI TKR 3 sebagai kelas eksperimen (30 peserta didik) dan kelas XI TKR 2 sebagai kelas kontrol (21 peserta didik). Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan metode angket, untuk menilai kelayakan alat peraga oleh validator ahli materi dan ahli media dan tes, untuk mengukur hasil belajar siswa pada kompetensi dasar menerapkan cara perawatan sistem starter. Hasil uji kelayakan alat peraga oleh ahli media memperoleh persentase 90,00% sedangkan oleh ahli materi 87,49% (sangat layak). Peningkatan rata-rata nilai pretest dan posttest kelas kontrol sebesar 10,31%, dari nilai rata-rata 68,38 menjadi 75,43. Sedangkan kelas eksperimen sebesar 18,09%, dari nilai rata-rata 68,53 menjadi 80,93. Hasil uji-t diperoleh nilai thitung pretest sebesar 0,066 sedangkan nilai thitung posttest sebesar 2,970. Hasil uji n-gain diperoleh nilai rata-rata sebesar 0,218 untuk kelas kontrol (peningkatan rendah) sedangkan untuk kelas eksperimen sebesar 0,391 (peningkatan sedang). Alat peraga sebaiknya digunakan dalam mendukung pembelajaran teori maupun praktik dengan pembelajaran grup atau kelompok, alat peraga ini juga dapat dikembangkan kembali menjadi media yang lebih menarik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat peraga, hasil belajar, sistem starter konvensional, berbasis audio
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 May 2020 14:17
Last Modified: 15 May 2020 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36323

Actions (login required)

View Item View Item