PENGARUH VARIASI KUAT MEDAN ELEKTROMAGNET PADA PIPA BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA MESIN DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR


Akhmad Khasbulloh , 5202415001 (2019) PENGARUH VARIASI KUAT MEDAN ELEKTROMAGNET PADA PIPA BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA MESIN DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, UNNES.

[thumbnail of PENGARUH VARIASI KUAT MEDAN ELEKTROMAGNET PADA PIPA BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA MESIN DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR]
Preview
PDF (PENGARUH VARIASI KUAT MEDAN ELEKTROMAGNET PADA PIPA BAHAN BAKAR TERHADAP PERFORMA MESIN DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Meningkatnya produksi kendaraan bermotor berbanding lurus dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang tinggi sehingga perlu adanya penghematan. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghemat bahan bakar adalah memassang medan magnet pada saluran bahan bakar sebelum masuk menuju ruang bakar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kuat medan elektromagnet terhadap performa mesin dan konsumsi bahan bakar sepeda motor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian yang digunakan adalah true experimental design. Penelitian dilakukan pada pengujian kondisi standar dan pengujian variasi. Pengujian variasi terbagi dalam pengujian variasi 1, pengujian variasi 2 dan pengujian variasi 3 . kuat medan elektromagnet yang digunakan adalah 0,0106-Netral-0,0108 Tesla, 0,0143- Netral-0,0143 Tesla dan 0,0158-Netral-0,0158 Tesla. Kuat medan elektromagnet dibangkitkan oleh selenoid sepanjang 150 mm pada pipa besi sepanjang 200 mm yang dililit oleh kawat tembaga berdiameter 0,35 mm sebanyak 4000 lilitan. Pengujian torsi dan daya menggunakan alat dinamometer sedangkan pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan cara menghitung waktu yang dibutuhkan oleh mesin untuk menghabiskan 10 ml bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daya dan torsi mengalami penurunan seiring dengan meningkatnya kuat medan elektromagnet pada putaran 2000-7500 rpm dan terjadi kenaikan pada putaran 8000-9000 rpm. Kenaikan torsi terbesar terjadi pada pengujian variasi 2 sebesar 3,04 % dari pengujian standar pada 8500 rpm. Kenaikan daya terbesar terjadi pada pengujian variasi 2 sebesar 5,2 % dari pengujian standar pada 9000 rpm. Konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat seiring dengan meningkatnya kuat medan elektromagnet. Penghematan konsumsi bahan bakar spesifik terbesar terjadi pada pengujian variasi 3 sebesar 10,41% dari pengujian standar pada 5000 rpm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kuat medan, Elektromagnet, Torsi, Daya, Konsumsi bahan bakar
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 15 May 2020 14:02
Last Modified: 15 May 2020 14:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36322

Actions (login required)

View Item View Item