PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS I-SETS BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN


Salsabiilah , 4001415037 (2019) PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS I-SETS BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS I-SETS BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN]
Preview
PDF (PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS I-SETS BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

belajar, kemampuan memecahkan masalah Fakta lapangan menunjukkan bahwa pembelajaran di kelas belum melatih peserta didik pada objek kemampuan memecahkan masalah dan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah. Hal ini didukung oleh hasil observasi yang menunjukkan bahwa kemampuan memecahkan masalah dan motivasi belajar di SMP Islam Al Azhar 29 Semarang masih belum maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning berbasis ISETS berbantuan google classroom terhadap motivasi belajar dan kemampuan memecahkan masalah pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan desain penelitian quasiexperimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Data penelitian diperoleh dari skor pretest-posttest dan lembar angket serta lembar observasi motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kategori sedang. Hasil analisis lembar observasi menunjukkan t = 6.14 yang berarti adanya perbedaan motivasi belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil pretest-posttest menunjukkan peningkatan pada kategori sedang dan hasil uji t = 4.07 yang berarti terdapat perbedaan kemampuan memecahkan masalah peserta didik di kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil analisis tanggapan peserta didik menunjukkan bahwa 53.33% tanggapan baik, 43.33% sangat baik, dan 3.33% cukup baik. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model blended learning berbasis I-SETS berbantuan google classroom pada materi pencemaran lingkungan berpengaruh terhadap motivasi belajar dan kemampuan memecahkan masalah peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model blended learning, I-SETS, google classroom , motivasi
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 May 2020 17:24
Last Modified: 14 May 2020 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36305

Actions (login required)

View Item View Item