PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK TEMA SISTEM EKSKRESI BERMUATAN ETNOSAINS BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Danar Aris Prasetyo , 4001415015 (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK TEMA SISTEM EKSKRESI BERMUATAN ETNOSAINS BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK TEMA SISTEM EKSKRESI BERMUATAN ETNOSAINS BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AUTENTIK TEMA SISTEM EKSKRESI BERMUATAN ETNOSAINS BERBASIS COMPUTER BASED TEST (CBT) UNTUK MENGUKUR KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK) - Published Version
Download (536kB) | Preview

Abstract

Test (CBT), Kemampuan berpikir kritis. Hasil observasi di SMPN 1 Ngadirojo menunjukkan bahwa ketersediaan intrumen penilaian pada jenjang SMP masih kurang. Guru hanya menekankan pada isi materi, tidak pada keterampilan berpikir kritis peserta didik. Sehingga perlu adanya pengembangan instrumen penilaian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik instrumen penilaian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik, mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kritis peserta didik, dan menganalisis tanggapan peserta didik setelah proses evaluasi pembelajaran. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian adalah angket validasi oleh ahli, angket tanggapan guru dan peserta didik serta soal berbasis Computer Based Test (CBT) yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang dikembangkan adalah Research and development (R&D). Berdasarkan hasil validasi ahli evaluasi, ahli materi, dan ahli bahasa menunjukkan bahwa desain instrumen penilaian sangat layak digunakan. Karakteristik dalam instrumen penilaian untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik telah memenuhi 8 syarat penilaian yang baik yaitu valid, reliabel, relevan, representatif, praktis, deskriminatif, spesifik, proporsional. Profil keterampilan berpikir kritis peserta didik di SMP N 1 Ngadirojo secara keseluruhan termasuk dalam kriteria tinggi. Tanggapan peserta didik menunjukkan respon sangat baik terhadap instrumen penilaian berbasis Computer Based Test (CBT) yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penelitian pengembangan, Instrumen penilaian, Computer Based
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 May 2020 17:17
Last Modified: 14 May 2020 17:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36303

Actions (login required)

View Item View Item