INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DI RUANG PUBLIK (Studi Kasus di Kawasan Alun-alun Kabupaten Boyolali)


Yosara Nilamsari Addriyani , 3401415057 (2019) INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DI RUANG PUBLIK (Studi Kasus di Kawasan Alun-alun Kabupaten Boyolali). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DI RUANG PUBLIK (Studi Kasus di Kawasan Alun-alun Kabupaten Boyolali)]
Preview
PDF (INTERAKSI SOSIAL MASYARAKAT DI RUANG PUBLIK (Studi Kasus di Kawasan Alun-alun Kabupaten Boyolali)) - Published Version
Download (642kB) | Preview

Abstract

Kawasan Alun-alun Kidul Kabupaten Boyolali adalah salah satu pilihan ruang publik yang dibangun pemerintah sebagai destinasi masyarakat yang dimanfaatkan untuk melakukan berbagai aktivitas yang dibutuhkan. Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan tempat untuk melakukan berbagai aktivitas untuk refreshing atau menghilangkan kepenatan dalam rutinitas hariannya. Dibangunnya kawasan Alun-alun Kidul, dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beraktivitas yang kemudian memicu terjadinya interaksi sosial di kawasan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui aktivitas yang dilakukan masyarakat di Alun-alun Kabupaten Boyolali; 2) Mengetahui perubahan sikap masyarakat di kawasan Alun-alun Kidul; 3) Mengetahui simbolsimbol yang digunakan dalam interaksi masyarakat di kawasan alun-alun Boyolali. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan lokasi penelitian di kawasan Alun-alun Kabupaten Boyolali tepatnya di Alun-alun Kidul. Subjek penelitian ini adalah masyarakat atau pengguna yang berkunjung di kawasan Alun-alun Kidul. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik validitas data menggunakan triangulasi serta analisis data dilakukan dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara penelitian ini dengan lainnya yaitu pengunjung yang didominasi oleh masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan Alun-alun; Terdapat perubahan sikap oleh ketika berada di kawasan Alun-alun engan di lingkungan rumah; Simbol-simbol yang digunakan dalam interaksi menggunakan isyarat vocal dan isyarat fisik antar pengunjung, antar pedagang, dan pengunjung denga pedagang. Saran bagi pemerintah kabupaten Boyolali menambah fasilitas tenda-tenda permanen di trotoar jalan, karena ketika hujan deras turun biasanya baik dari pengunjung dan pedagang kebingungan untuk berteduh, serta mempertegas lagi peraturan yang berlaku untuk pedagang khususnya ketika ada acara besar di kawasan Alun-alun Kidul, ketika disterilkan tidak ada pedagang yang masuk ke daerah acara agar tidak terjadi kecemburuan sosial antar pedagang. Bagi masyarakat pengguna kawasan Alun-alun Kidul tetap menjaga kebersihan lingkungan dan ketertiban ketika sedang berkunjung.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kawasan Alun-alun, Interaksi sosial, Masyarakat, Ruang Publik
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology
H Social Sciences > HM Sociology
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi dan Antropologi, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 14 May 2020 17:02
Last Modified: 14 May 2020 17:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/36301

Actions (login required)

View Item View Item